Image

Asia Road Racing Championship 2017 Sentul, Target "Podium Juara" Yamaha Racing Indonesia di Tanah Air

Advertorial, Jurnalis · Kamis, 10 Agustus 2017 - 15:15 WIB
Tim Yamaha Racing Indonesia (Foto: Ist) Tim Yamaha Racing Indonesia (Foto: Ist)

DALAM hitungan hari, siap digelar seri ke-4 Asia Road Racing Championship 2017 (ARRC 2017) di Sirkuit Internasional, Sentul, Bogor pada 12-13 Agustus 2017. Hampir dua bulan berselang dari seri ke-3 di Suzuka, Tim Yamaha Racing Indonesia berbagai persiapan telah dilakukan semua tim yang terlibat. Tidak terkecuali Yamaha Racing Indonesia (YRI) yang akan tampil lebih solid dan berupaya lebih baik dari putaran-putaran ARRC 2017 sebelumnya.

Saat ARRC 2017 Jepang (4 Juni), terbukti perfoma Yamaha YZF-R25 Galang Hendra dapat kompetitif hingga finish ke-4 walaupun start dari barisan belakang. R25 Galang Hendra melibas lawan-lawannya dan terus mendekat ke barisan depan. Diprediksi kuat, jika saja kurang 2-3 lap, maka Galang dapat meraih podium. Racer asal Yogyakarta berusia 18 tahun ini memiliki catatan waktu terbaik ke-3 saat race ke-2 AP250 (2 menit 28, 669 detik). Bahkan ketika bendera finish dikibarkan hanya berjarak 1,8 detik saja dari pemenang.

Adapun empat orang pembalap kebanggaan Indonesia yang berstatus wild-card di ARRC 2017 Sentul ialah Rafid Topan dan Willy Hammer di kelas Asia Production 250 (AP250). Mereka memperkuat formasi Galang Hendra dan Rey Ratukore, Sedang di Underbone 150 (UB150) siap bersaing Richard Taroreh dan Dicky Ersa. Mereka diusulkan Yamaha Indonesia karena pertimbangan prestasi di pentas balap nasional.

Lebih lanjut dipahami, perubahan regulasi yang dikeluarkan oleh pihak TWMR akan diberlakukan mulai putaran Sentul ini. Aturan ini berkaitan dengan bobot motor dan pembalapnya. Tim telah merancangnya dan mulai diaplikasikan secara bertahap. Pada bagian lain, pembalap juga harus bekerja keras untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal. Di samping itu pula, para teknisi yang terus meriset motor hingga kinerjanya lebih optimal.

“Untuk ARRC 2017 Sentul, kita telah melakuan serangkaian persiapan, tes sudah kami lakukan & hasilnya pun signifikan, kami mendapatkan data inputan baru. Baik untuk kelas Asia Production 250 (AP250) ataupun Underbone 150 (UB150). Kita juga terus mengevaluasi seri-seri sebelumnya. ARRC 2017 Sentul, kita akan didukung beberapa rider yang mendapat tiket wild-card. Ini penting untuk pengalaman mereka di kompetisi internasional dan memberikan motivasi kuat untuk terus berprestasi,“ terang Wahyu Rusmayadi, manajer tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

“Pastinya saya akan berusaha untuk seri ke-4 kali ini di rumah sendiri. Dari pengalaman di seri ke-3 kemarin di Jepang, saya termotivasi dari hasil yang sudah dicapai,” kata Galang Hendra. Langkah pengujian R25 terus dilakukan. Baik dalam konteks set-up kinerja kurve pengapian yang lebih baik ataupun mengujicoba perangkat baru. Termasuk langkah strategis mengikuti event Kejurnas IRS 2017 dan Yamaha Sunday Race 2017 yang notabene membawa Rey Ratukore meraih podium juara Sport 250 cc.