facebook pixel

Tegas! JK: Pengembangan Mobil Listrik Itu Tantangan & Harus Dijalankan

Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

TANGERANG - Tidak hanya tumbuhan yang dapat membantu memilihara lingkungan supaya selalu hijau dan segar, mobil juga punya andil dalam memelihara lingkungan. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang masih dimanfaatkan sebagai sumber tenaga utama untuk menggerakkan kendaraan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, dunia sudah semakin peka dengan ancaman polusi dari bahan bakar kendaraan.

"Bahwa mobil juga merupakan suatu obyek atau merupakan suatu yang penting dalam pemeliharaan lingkungan. Saat ini dunia sudah sangat peka," ujar JK saat memberikan sambutan di pembukaan Gaikindo International Automotive Conference, di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Jumat (11/8/2017).

(Baca Juga: Kapan Mobil Listrik Terealisasi di Indonesia? Sedang Didiskusikan)

Menurut JK, ada dua hal di dunia yang menjadi perhatian banyak orang dan bersifat universal, yaitu demokrasi dan lingkungan. Keduanya harus sama-sama dijaga. Demokrasi penting untuk menciptakan kehidupan yang harmonis, sedangkan lingkungan untuk keberlangsung kualitas hidup.

"Dalam berpolitik itu demokrasi. Dalam lingkungan, apa saja yang penting untuk memperbaiki lingkungan tentu menjadi bagian dalam usaha kita dalam bidang bisnis dan industri," jelasnya.

(Baca Juga: Gaikindo Akan Beri Masukan soal Mobil Listrik)

Inilah yang menjadi landasan penting dalam mengembangkan mobil listrik dan hybrid, sebagaimana tengah disiapkan pemerintah. Menurut JK, mobil nihil atau rendah emisi karbon tersebut akan menjadi tantangan baru bagi Indonesia ke depannya dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih.

(Baca Juga: Singgung Mobil Listrik di GIIAS 2017, Menteri Airlangga: Inovasi Sangat Penting)

"Pengembangan mobil listrik dan hybrid Itu merupakan suatu tantangan dan harus dijalankan sebaik-baiknya. Bagi Indonesia ini kebijakan pemerintah, seperti disampaikan Menperin (Airlangga Hartarto) bahwa pemerintah akan memberikan kemudahan dan tentunya juga aturan-aturan yang baik untuk seluruh mobil listrik," pungkasnya.

(ton)
​