facebook pixel

Mobil Listrik BMW i3 Sapa Indonesia di GIIAS, tapi Tak Dijual

Wapres Jusuf Kalla melihat mobil listrik BMW i3 di GIIAS 2017 (BMW Group Indonesia)

Wapres Jusuf Kalla melihat mobil listrik BMW i3 di GIIAS 2017 (BMW Group Indonesia)

TANGERANG - Pada pameran GIIAS 2016, BMW Group Indonesia meluncurkan sports car hybrid i8 sekaligus membuka pemesanan. Mobil bertampang futuristis itu sebenarnya sudah diperkenalkan di Indonesia sejak 2014, namun baru dijual tahun lalu.

(Baca Juga: BMW Indonesia Luncurkan Sports Car Plug-in Hybrid i8 di GIIAS)

Setahun kemudian atau pada perhelatan GIIAS 2017, BMW memboyong mobil bertenaga listrik murni atau full electric, i3. Mobil ini baru diperkenalkan ke publik Indonesia, belum dijual.

"Kesuksesan BMW i8 di GIIAS tahun lalu menunjukkan posisi BMW Indonesia dalam hal inovasi. Hal ini sejalan dengan apa yang telah dilakukan BMW secara global. BMW Indonesia hadirkan i3 untuk menunjukkan pentingnya mobilitas elektrik bagi Indonesia," ujar Karen Lim, president director BMW Group Indonesia, beberapa waktu lalu.

(Baca Juga: Jadi Orang Indonesia Pertama Miliki BMW i8, Sonny Teringat Tom Cruise)

Kendaraan perkotaan ini merupakan model produksi pertama dari BMW Group yang beroperasi penuh menggunakan tenaga listrik.

"BMW i3 yang hadir di GIIAS 2017 membawa kapasitas baterai listrik yang lebih mumpuni sebesar 94 Ah dan dilengkapi mesin ringkas yang dapat digunakan sebagai penambah jarak tempuh (REx). Kombinasi motor listrik dan REx dapat membawa kendaraan ini sejauh hingga 330 kilometer. Alasan pemilihan untuk tampilkan varian ini karena kemampuannya untuk tetap berfungsi pada kondisi infrastruktur yang terbatas," kata Karen.

Motor listrik BMW i3 dapat menghasilkan tenaga 170 hp dengan torsi maksimum 250 nm. BMW i3 berakselerasi dari 0 hingga 100 kilometer per jam dalam 7,2 detik.

Jika i8 punya jeda waktu dua tahun sejak diperkenalkan hingga dijual di Indonesia, apakah hal yang sama akan berlaku pada i3? Hal yang jelas, kesiapan infrastruktur dalam hal ini pengadaan stasiun pengisian baterai, menjadi kunci agar kendaraan listrik bisa digunakan di Indonesia.

(ton)
​