Image

Perempuan yang Dapat Julukan Bunda Teresa Pakistan Tutup Usia

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at, 11 Agustus 2017 - 06:30 WIB
Foto Ruth Pfau yang mendapatkan panggilan Bunda Teresa di Pakistan (Foto: Reuters) Foto Ruth Pfau yang mendapatkan panggilan Bunda Teresa di Pakistan (Foto: Reuters)

KARACHI – Seorang biarawati asal Jerman bernama Ruth Pfau dilaporkan tutup usia pada Kamis 10 Agustus 2017 di Kota Karachis, Pakistan. Perempuan berusia 87 tahun itu mengabdikan hidupnya untuk memberantas penyakit kusta di Pakistan hingga ia mendapatkan julukan Bunda Teresa Pakistan.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (11/8/2017), kabar wafatnya Pfau langsung membuat Perdana Menteri Pakistan mengeluarkan pernyataan yang menggambarkan bagaimana negara tersebut kehilangan sosok yang memberikan kontribusi besar demi membebaskan Pakistan dari penyakit Kusta.

“Pfau mungkin lahir di Jerman (namun-red) hatinya selalu berada di Pakistan,” ujar Perdana Menteri Khaqan Abbasi. Pada pernyataan itu juga diumumkan mengenai pengadaan pemakaman kenegaraan yang akan diadakan pada 19 Agustus 2017 untuk penghormatan terhadap jasa Pfau.

Perempuan yang bernama lengkap Ruth Katharina Martha Pfau itu sudah tinggal semenjak 1960. Ia mendirikan Marie Adelaide Leprosy Center di Karachi. Ini merupakan rumah sakit pertama di Pakistan yang didedikasikan untuk mengobati penyakit Kusta dengan sejumlah cabangnya yang juga didirikan di negara tersebut.

Tanpa lelah, perempuan yang lahir pada 1929 itu disebut terus berusaha berjuang untuk membantu para penderita Kusta. Pada 1996, WHO mengumumkan bahwa kusta berhasil dikendalikan penyebarannya di Pakistan dan membuat Pfau membulatkan tekadnya untuk menghilangkannya.

“Karena perjuangannya yang tiada akhir membuat Pakistan mengalahkan penyakit kusta,”tulis Konsulat Jerman di Karachi melalui Facebook. Keberhasilan Pfau juga bisa dilihat dari jumlah pasien penderita kusta di Pakistan yang pada 2016 tercatat ada 531 sedangkan pada 1980-an penderitanya ada 19.398.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming