Image

Mahasiswa Vokasi Ini Bikin Mikopil untuk Dukung Keluarga Berencana, Apa Itu?

Foto: Kedaulatan Rakyat

Foto: Kedaulatan Rakyat

SLEMAN - Kontrasepsi pil merupakan salah satu metode terbanyak yang digunakan oleh pasangan di Indonesia. Namun, penggunaan pil untuk program Keluarga Berencana (KB) nyatanya masih memiliki tingkat kegagalan cukup tinggi.

Penyebabnya, tak lain karena ketidakpahaman peserta KB pil untuk mengikuti instruksi tenaga kesehatan.

Fakta inilah yang kemudian membuat mahasiswa D4 Kebidanan Sekolah Vokasi di Universitas Gadjah Mada (UGM) yakni Nabila Aulia, Binta dan Puput Ayu untuk membuat alat peraga yang diberi nama Miniatur Kontrasepsi Pil (Mikopil).

Salah satu mahasiswa, Nabila Aulia mengatakan, Mikopil merupakan boneka berbentuk rahim lengkap dengan alat peraga berupa pil yang serupa dengan Pil KB sebenarnya.

"Kami melakukan penelitian bahwa metode pembelajaran yang paling mudah dicerna adalah melalui sebuah media. Dalam hal ini kami pilih boneka," kata Nabila seperti dilansir dari Kedaulatan Rakyat, Sabtu (12/8/2017).

Sejak dipasarkan beberapa bulan terakhir, media pembelajaran karya anak-anak UGM tersebut telah terjual hingga 150 pieces dari total produksi 200 pieces.

"Ternyata memang bidan, tenaga kesehatan, dan dokter spesialis kandungan lebih mudah menjelaskan metode KB pil dengan alat ini. Hal ini tentu agar pasien semakin paham cara kerja metode KB tersebut," sambungnya.

Para mahasiswa ini berharap, karya inovasi sederhananya tersebut bisa memudahkan tenaga medis dalam menjelaskan penggunaan pil kontrasepsi bagi peserta KB, sehingga hasil yang diharapkan bisa tercapai.

"Mudah-mudahan bisa jadi solusi bagi tenaga kesehatan untuk memberikan konseling KB," imbuh rekan Nabila, Puput Ayu.

(sus)
Live Streaming
Logo