nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelajar SD Tewas di Sekolah, Mensos: Peran Orang Tua & Guru Penting Cegah Terjadinya Bullying

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017 18:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 11 65 1754242 pelajar-sd-tewas-di-sekolah-mensos-peran-orang-tua-guru-penting-cegah-terjadinya-bullying-mS5pMH6FUh.jpg Foto: Dok Okezone

SUKABUMI - Meninggalnya pelajar tingkat sekolah dasar (SD) kelas II berinisial SR (8) yang diduga tewas lantaran berkelahi dengan teman sebayanya mendapat sorotan publik.

Bahkan Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengunjungi rumah pelajar kelas 2 SDN Lokewang di Kampung Citiris, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (11/8/2017).

Dalam agenda kunjungan tersebut, Mensos Khofifah berbincang dengan keluarga korban. Ia juga ikut menyaksikan video rekaman yang ditayangkan kakak korban sambil menceritakan kejadian meninggal SR.

"Kasus ini sudah diproses di kepolisian dan diharapkan bisa diselesaikan dengan baik apalagi terduga pelakunya pun merupakan anak di bawah umur," kata Khofifah.

Selain mengunjungi kediaman korban, di kesempatan yang sama itu Khofifah juga datang untuk memantau angka partisipasi pendidikan dan ingin mengetahui manajemen sekolah dan dinas pendidikan setempat dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada setiap anak didiknya.

Sebenarnya, kata dia, pemerintah telah mencanangkan berbagai program untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dan guru kelas. Sehingga masing-masing murid di kelas bisa termonitor.

"Kami berupaya dan mengantisipasi agar tidak lagi terjadi kasus serupa, bahkan tidak hanya di Sukabumi saja di daerah lain pun terjadi kasus serupa," ungkapnya.

Ia juga mengatakan betapa pentingnya peran orang tua dan guru untuk mencegah terjadinya aksi bullying yang diduga menimpa SR.

"Peran orang tua dan guru sangat penting untuk mencegah terjadinya aksi bullying dengan memberikan batasan terhadap anaknya seperti menonton tayangan yang berbau kekerasan, bullying, pornografi dan lain-lain," tandasnya.

Selain bertakziah, Mensos Khofifah juga melakukan tabur bunga atau nyekar ke makam SR yang diduga meninggal akibat bullying tersebut.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini