Image

Bingung Nyusun Skripsi, 5 Situs Ini Bisa Bantu Kamu, Jangan Plagiat ya!

Tech In Asia, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017, 13:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 11 65 1754375 bingung-nyusun-skripsi-5-situs-ini-bisa-bantu-kamu-jangan-plagiat-ya-rrnkzzpNSv.jpg Foto: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Saat memasuki masa pengerjaan skripsi, mahasiswa akhir biasanya disibuki dengan kegiatan pengumpulan data, landasan teori, dan referensi. Hal yang sangat penting dalam penyusunan sebuah skripsi.

Namun kadangkala proses tersebut bisa menjadi kendala yang membuat penyusunan skripsi kita menjadi terlambat dan molor. Apalagi bagi kamu yang baru saja mulai membuat skripsi.

Pastinya di fase ini kamu benar-benar membutuhkan sumber referensi yang cocok untuk penyusunan skripsi kamu. Mulai dari riset melalui buku, terjun langsung, atau dari internet. Nah, daripada pusing-pusing dan stres, lebih baik gunakan 5 aplikasi yang bisa membantu kamu mengerjakan skripsi. Apa saja? Berikut uraiannya seperti dinukil Okezone dari Tech In Asia.

Goggle Scholar

Kamu pasti sudah akrab dengan google. Nah, Google Scholar ini adalah salah satu layanan milik Google yang memungkinkan kamu untuk mencari referensi penelitian dalam format publikasi. Di sini kamu bisa membuat bookmark pada publikasi yang kamu temui. Selain itu kamu dapat dengan mudah mengutip sebuah publikasi yang sudah disediakan.

 Microsoft Academic

Microsoft Academic merupakan mesin pencari referensi penelitian dalam format publikasi. Terdapat beberapa fitur filter yang dapat membantumu dalam pencarian, seperti mencari jurnal berdasarkan penulis atau afiliasi tempat bernaungnya penelitian yang kamu cari.

Academia

Di urutan ketiga ada Academia. Sebuah jejaring sosial untuk para akademisi yang digunakan sebagai media sharing makalah penelitian. Berbeda dengan mesin pencari sebelumnya, di sini kamu hanya bisa mencari jurnal yang memang diunggah oleh pengguna Academia.

ResearchGate

ResearchGate merupakan platform media sosial untuk para peneliti. Situs ini tidak hanya digunakan saat kamu mengerjakan skripsi. Setelah skripsi pun situs ini sangat berguna untuk kamu yang berniat melanjutkan kuliah.

Pasalnya dii sini terdapat forum diskusi yang melibatkan banyak peneliti dari seluruh dunia.

Indonesian Publication Index

IPI, atau yang dikenal dengan Portal Garuda, merupakan mesin pencari jurnal seperti Google Scholar atau Microsoft Academic. Namun situs ini hanya memberikan hasil pencarian jurnal berbahasa Indonesia. Jika kamu membutuhkan jurnal berbahasa Indonesia untuk memudahkan kamu dalam penyusunan skripsi, situs ini cocok dipilih sebagai rujukan kamu di internet.

Selamat mencoba!

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini