Image

Dorong Peningkatan Ekspor Mobil, JK: Car Terminal Pelabuhan Patimban Lebih Besar dari Tanjung Priok

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017, 12:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 12 15 1754684 dorong-peningkatan-ekspor-mobil-jk-car-terminal-pelabuhan-patimban-lebih-besar-dari-tanjung-priok-tetPSGoNeM.jpg (Foto: Okezone)

TANGERANG - Pemerintah mendorong agar industri automotif tidak hanya fokus memproduksi mobil untuk pasar domestik, tapi juga ekspor. Dengan banyaknya mobil yang diekspor, membuktikan produk yang dibuat secara lokal mampu bersaing dengan industri automotif di negara lain.

Sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap ekspor mobil, saat ini tengah dibangun car terminal di Patimban, Pusakanagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Saat ini car terminal hanya ada di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Harapannya ekspor mobil meningkat. Kita sudah menyiapkan car terminal di Tanjung Priok dan nanti di Patimban akan ada car terminal lebih besar lagi, dekat Karawang," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla, di pameran GIIAS 2017, ICE, BSD City, Jumat 11 Agustus 2017.

JK menambahkan, pemerintah sengaja mempersiapkan fasilitas tersebut lebih awal, supaya ketika jumlah ekspor mobil naik, pengiriman mobil sudah tidak ada masalah lagi.

Menurut dia, bila industri automotif dalam negeri berkembang maka akan berdampak positif ke industri lainnya.

"Industri di bidang kendaraan mempunyai multiplier effect yang luar biasa di segala macam industri lainnya. Sehingga apabila industri mobil berkembang maka sekian ratus industri lainnya juga berkembang dan seperti ditekankan tadi jutaan orang bisa bekerja," terang dia.

Dijelaskannya, banyak negara yang saat ini sudah bisa membangun kendaraan sendiri. Memang di setiap negara memiliki ciri khas tersendiri dalam hal kualitas, segmen kendaraaan, dan lainnya, maka itu penting sekali industri harus selalu mengikuti perkembangan zaman.

"Setiap negara mempunyai pasar yang khas, lingkungan yang khas, dan tentu kondisi geografis yang khas. Karena itulah maka tidak semua mobil yang dijual di luar negeri tentu sama dengan nilai pasarnya di Indonesia. Karena itulah maka perkembangan industri kendaraan di Indonesia sangat penting untuk kita semua," pungkas dia.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini