Image

Indonesia Pasar Menggiurkan, Truk Pabrikan Jepang Ini Debut Internasional di GIIAS

Anton Suhartono, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017, 14:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 12 15 1754703 indonesia-pasar-menggiurkan-truk-pabrikan-jepang-ini-debut-internasional-di-giias-UQynrbhI4V.jpg Truk UD Trucks Kuzer world premier di GIIAS 2017 (Foto: Anton/Okezone)

TANGERANG - Kondisi perekonomian Indonesia diprediksi terus membaik. Dampaknya, iklim usaha dan bisnis akan ikutan terkena imbasnya. Pasar kendaraan niaga pun akan kembali bergairah.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut pasar truk ringan atau light duty truck (LDT) bermuatan 5-10 ton naik 11 persen pada semester pertama 2017 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Indonesia masih menjadi surga pasar LDT sehingga menggiurkan para pemain bisnis kendaraan niaga.

Hal ini dimanfaatkan pabrikan kendaraan niaga Jepang, UD Trucks, dengan melakukan debut internasional kendaraan LDT terbarunya, Kuzer, di Indonesia, tepatnya di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE, BSD City.

"Indonesia memiliki potensi pasar LDT yang besar dengan kebutuhan tinggi untuk kendaraan komersial agar dapat mendukung produktivitas para pelaku usaha," kata President Director UD Trucks Indonesia, Valery Muyard, beberapa waktu lalu.

Truk ini didesain untuk digunakan di lingkungan perkotaan, dapat melewati jalan sempit dan terbatas melalui pengoptimalan radius putar.

Penggeraknya didukung mesin bertenaga 150 hp dengan torsi yang diklaim 20 persen lebih baik dibandingkan kendaraan LDT di kelasnya yang dipasarkan di Tanah Air.

Director Product Management UD Trucks Shuichi Shibayama mengatakan, pihaknya melakukan riset selama lima tahun di Indonesia sebelum menghadirkan Kuzer. Hasil riset itu di antara adalah penyesuaian kendaraan dengan kondisi jalan di Indonesia.

"Kami membawa sejumlah Kuzer ke Indonesia untuk mengujinya secara langsung di jalan-jalan Indonesia," ungkapnya.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini