facebook pixel

TOP AUTOS OF THE WEEK: Nih, World Premier 4 Mobil yang Bikin Heboh GIIAS!

Mitsubishi Xpander diluncurkan di GIIAS 2017 (Foto: Anton/Okezone)

Mitsubishi Xpander diluncurkan di GIIAS 2017 (Foto: Anton/Okezone)

JAKARTA - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 menjadi momentum bagi agen pemegang merek (APM) untuk unjuk gigi teknologi maupun produk terbaru. Beberapa mobil versi produksi dan konsep pun lahir di pameran yang diselenggarakan di ICE, BSD City, Tangerang, ini.

Bahkana ada empat mobil yang menjalani world premier atau debut internasional di GIIAS 2017. Dua kendaraan merupakan versi produksi dan dua lainnya adalah mobil konsep.

Satu mobil yang paling menyita perhatian di GIIAS 2017 adalah small MPV Mitsubishi Xpander.

"Bagi saya, ini seperti kelahiran bayi. Akhirnya, bayi Mitsubishi telah lahir," kata Corporate General Manager of Design Office Mitsubishi Motors Corporation (MMC), Tsunehiro Kunimoto, saat peluncuran, 10 Agustus 2017.

Kehadiran Xpander merupakan babak baru bagi Mitsubishi dalam menggarap pasar kendaraan penumpang di Indonesia. Small MPV atau low MPV merupakan segmen kendaraan terbesar di pasar automotif Indonesia. Sebanyak 25-30 persen dari total penjualan kendaraan di Indonesia yakni sekira 1,05 juta unit merupakan jenis ini.

Xpander akan bersaing dengan pemain lama yang sudah eksis sejak lama, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Nissan Grand Livina.

Chief Executive Officer (CEO) MMC, Osamu Masuko, menegaskan Xpander dirancang untuk memperluas kehadiran MMC yang kuat di pasar SUV dan kendaraan niaga ringan di Indonesia, termasuk ke segmen MPV. Tak hanya di pasar domestik tapi juga ASEAN.

Xpander diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Bekasi, Jawa Barat. Dalam setahun, MMKI memproduksi 80 ribu unit Xpander dengan perincian 60 ribu untuk pasar domestik dan 20 ribu ekspor.

Berikutnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan dua sekaligus mobil konsep yakni sedan DN F-Sedan dan MPV DN Multisix untuk pertama kalinya di dunia atau world premier.

Vice President Director ADM Sudirman MR mengatakan, kedua mobil ini masih dalam pengembangan untuk disempurnakan. Daihatsu Motor di Jepang masih mengkaji teknologi yang digunakan pada dua model mobil konsep ini. Soal kemungkinan masuk ke jalur produksi, hal itu bergantung dari respons pasar.

Kehadiran sedan dalam jajaran produk Daihatsu cukup mengejutkan. Pasalnya selama ini Daihatsu dikenal sebagai produsen mobil compact. Di Jepang, Daihatsu memang memasarkan mobil sedan, namun merupakan produk re-badge dari mobil Toyota Altis.

Sementara itu DN Multisix disebut-sebut sebagai calon generasi penerus Xenia. Mobil MPV tersebut mampu menampung enam penumpang.

Satu kendaraan lagi yang debut internasional juga berasal dari pabrikan Jepang, yakni produk light duty truck (LDT) UD Trucks, Kuzer.

Kondisi perekonomian yang terus membaik membuat UD Trucks percaya diri memilih Indonesia senagai lokasi world premier Kuzer.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut pasar truk ringan LDT bermuatan 5-10 ton naik 11 persen pada semester pertama 2017 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Indonesia masih menjadi surga pasar LDT sehingga menggiurkan para pemain bisnis kendaraan niaga.

Truk ini didesain untuk digunakan di lingkungan perkotaan, dapat melewati jalan sempit dan terbatas melalui pengoptimalan radius putar. Penggeraknya didukung mesin bertenaga 150 hp dengan torsi yang diklaim 20 persen lebih baik dibandingkan kendaraan LDT di kelasnya yang dipasarkan di Tanah Air.

(ton)
​