Image

Tuh Kan! Kemenag: Promo First Travel untuk Biaya Umrah Tak Layak!

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Sabtu, 12 Agustus 2017 - 17:17 WIB
Kepala Biro Humas dan Informasi Kemenag, Mastuki HS (foto: M. Sabki/Okezone) Kepala Biro Humas dan Informasi Kemenag, Mastuki HS (foto: M. Sabki/Okezone)

JAKARTA - Kepala Biro Humas dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag) Mastuki HS menyebutkan, biaya perjalanan umrah sebesar Rp14,3 juta seperti yang ditawarkan oleh First Travel dianggap tidak layak.

"Kalau pertimbangan 2017 bahkan 2016, dengan harga segitu sangat tidak cukup, jumlah itu jauh dari kelayakan," kata Mastuki usai menghadiri diskusi Polemik Sindo Trijaya di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017).

 (Baca juga: Ternyata! Praktik First Travel Sudah Terendus sejak 2012)

Menurutnya, jika dihitung dari setiap komponen untuk pemberangkatan ke Tanah Suci, jumlah tersebut sangat tidak cukup.

"Karena kalau dihitung dari pelayanan minimal saja kalau dihitung setiap komponennya tentu tidak akan cukup, misalnya tiket saja tahun 2017 per Januari dengan low price di satu maskapai saja Rp6,5 juta sebalik pulang pergi berapa. Belum hotel, guide, dan makan selama di sana," tuturnya.

 (Baca juga: Mantap! DPR Bakal Godok UU untuk Lindungi Calon Jamaah Haji dan Umrah dari Penipuan)

Mastuki menyebutkan, kesepakatan batas minimal untuk melakukan perjalan ibadah umrah sebesar Rp20 juta. "Kesepakatan saja, sekira Rp20 juta itu minimal. Untuk layak," tutupnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming