Image

Perihal E-KTP Dipersulit, Ini Penjelasan Mendagri

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017, 19:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 12 337 1754832 perihal-e-ktp-dipersulit-ini-penjelasan-mendagri-v46ww70Sps.jpg Mendagri, Tjahjo Kumolo (foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya banyak mendapatkan komplain dari publik terkait pelayanan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) yang dianggap dipersulit.

"Bukan dipersulit, masalahnya orang Kemendagri yang jumlahnya 68 orang itu banyak dipanggil bolak balik oleh KPK," kata Tjahjo di Hotel Atlet Century, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2018).

Oleh karena itu, lanjut Tjahjo, hal tersebut cukup menyita waktu kerja, lantaran proses pemeriksaan oleh tim KPK dan takut melakukan teken kontrak.

"Ya akibatnya ya banyak Irjen yang enggak berani teken kontrak e-KTP takut timbulkan masalah lagi, tapi akhirnya sudah ada kemarin yang menang ya PT Pura itu konsorsium," ujar Tjahjo.

Politisi Partai PDIP ini pun juga menyatakan, masih ada malasah terhadap e-ktp ini, karena masih ada 1 juta lebih warga yang rekamannya ganda. Tjahjo pun menarget untuk menyelesaikan permasalahan ini guna menyambut Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019.

"Target kita semua selesai semua permasalahan identitas ganda itu jelang pilkada dan pilpres, ada juga masalah lain yang belum rekam identitas khususnya yang tinggal di pedesaan atau apartemen gitu, rada sulit itu," jelasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini