Image

Dialog Umrah Bareng Sindo Weekly: Mentalitas dan Kesiapan Fisik Calon Jamaah Prioritas Utama Pergi ke Tanah Suci

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017, 20:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 12 340 1754880 dialog-umrah-di-medan-bareng-sindo-weekly-mentalitas-dan-kesiapan-fisik-calon-jemaah-prioritas-utama-pergi-ke-tanah-suci-XNbb2Pyhsz.jpg Foto: Wahyudi/Okezone

MEDAN - Sekira 70 calon jemaah umrah yang berasal dari sejumlah pengajian dan majelis taklim yang ada di Medan, menghadiri Dialog Umroh yang digelar Sindo Weekly bekerja sama dengan unit pembiayaan syariah FIFGroup, AMITRA, di Ballroom Hotel Emerald Garden, Jalan Yos Sudarso, Kota Medan, Sabtu (12/8/2017).

Hadir sebagai pembicara dalam dialog bertema ‘Umroh yang Aman, Nyaman, dan Sehat’ itu,  Ustadz Khairul Hamdi, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas I-Medan, Jefry Hasurungan Sitorus, Sub Dept Head AMITRA, Rasidin Ali, serta Brand Ambassador AMITRA yang juga anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Aminudin Yakub.

Dalam dialog tersebut, para pembicara mengupas berbagai isu yang kerap muncul pada saat masyarakat Indonesia sedang merencanakan umrah. Seperti Ustadz Khairul Hamdi, dalam merencanakan umrah, setiap calon jemaah harus terlebih dahulu menyiapkan mentalalitas mereka. Sehingga ibadah umrah yang dilakukan nantinya dapat berjalan maksimal.

"Mentalitas ini penting agar setelah melaksanakan ibadah umrah, kita menjadi manusia yang lebih baik. Lebih bertakwa kepada Allah SWT dan lebih bermanfaat untuk sesama," tuturnya.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas I-Medan, Jefry Hasurungan Sitorus menyebutkan, selayaknya haji, umrah juga merupakan ibadah yang menuntut kesiapan fisik yang prima. Untuk itu setiap jemaah harus bisa menjaga kesehatan baik sebelum berangkat, maupun saat menjalankan ibadah umrah.

"Apalagi saat ini suhu sangat tinggi di Tanah Suci, tentunya para jamaah dituntut untuk lebih disiplin soal kesehatan. Khususnya untuk air, saat ini para jemaah harus banyak minum air putih atau zamzam guna menghindari dampak buruk suhu panas di tanah suci," ujarnya.

Lewat dialog ini, Sindo Weekly dan FIFGroup juga ingin menjawab keraguan masyarakat mengenai penggunaan pembiayaan berbasis syariah dalam perencanaan umrah dan haji, pasca terungkapnya kasus penipuan berkedok pembiayaan haji dan umrah beberapa waktu lalu.

"Pada dasarnya pembiayaan syariah aman selagi masyarakat tidak terjebak dengan promosi pembiayaan haji dan umrah yang sangat murah, jauh dari harga yang ditawarkan perusahaan travel. Satu lagi, masyarakat harus melihat apakah perusahaan pembiayaan itu terdaftar dan diawasi oleh otoritas terkait atau tidak," kata Aminudin Yakub.

Aminudin mengatakan, lewat dialog tersebut mereka hendak mengedukasi masyarakat tentang pembiayaan syariah serta manfaatnya sehingga mereka merasa aman dan nyaman dalam bertansaksi melalui AMITRA. Harapannya adalah masyarakat bisa lebih mengenal setiap program serta layanan yang diberikan oleh AMITRA.

Menurut Rasidin, AMITRA lahir untuk memberi solusi yang sesuai dengan harapan masyarakat akan pembiayaan berbasis syariah. “Selama ini yang saya ketahui AMITRA memberikan proses yang mudah dan transparan, serta pembiayaan yang kompetitif denganmengutamakan nilai-nilai syariat Islam dalam praktik bisnisnya,” tutur Aminudin.

Sub Dept Head AMITRA, Rasidin Ali mengatakan, untuk para calon jemaah haji dan umrah, saat ini mereka tengah menggelar program khusus yang bertajuk AMITRA Berbagi Berkah. Program khusus yang disiapkan dalam rangka HUT FIFHroup ke-28 itu, secara resmi diluncurkan oleh Presiden Direktur FIFGROUP, Margono Tanuwijaya dan Presiden Direktur AMITRA, Zulkarnaen Prasetya di Hotel Aston Priority, Jakarta Selatan pada 5 Juni 2017 lalu. Lewat program itu mereka berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan layanan pembiayaan berbasis syariah.

“Kami berharap di tahun 2017, AMITRA bisa melayani lebih banyak lagi masyarakat Indonesia terutama dalam membantu masyarakat dalam mewujudkan impiannya untuk beribadah di tanah suci.” ujar Rasidin.

Rasidin juga menegaskan bahwa AMITRA berkomitmen untuk memberikan fasilitas pembiayaan syariah bagi masyarakat Indonesia dengan fasilitas serta layanan terbaik. “Sesuai dengan misi FIFGROUP, kami berkomitmen untuk senantiasa membawa kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Oleh karena itu, kami pun memberikan inovasi baru salah satunya melalui program AMITRA Berbagi Berkah ini.” tuturnya.

Secara khusus, AMITRA memberikan berbagai promo spesial bagi parapeserta yang mengikuti talkshow tersebut. Hanya dengan Rp600.000 calon konsumen bisa langsung berangkat umrah.

Ditemui di sela-sela acara, Branch Manager FIFGROUP Medan, Freddy Febriyanto menyatakan bahwa sejak pertama berdiri, AMITRA sudah langsung melayani masyarakat Medan dalam hal pembiayaan syariah. Di Medan pun AMITRA juga telah memiliki jaringan mitra rekanan yang cukup luas dengan berbagai jenis layanan yang dapat diberikan, seperti pembiayaan Umrah, Haji, modal kerja, serta sepeda motor.

“Apabila masyarakat masih memiliki pertanyaan tentang AMITRA, masyarakat dapat langsung mengunjungi kantor cabang kami yang terdekat atau mitra rekanan kami. Insha Allah kami akan berusaha untuk melayani sebaik-baiknya,” tutur Freddy

Setelah Medan, AMITRA Berbagi Berkah akan mengunjungi kota Pekanbaru, Kepulauan Riau dengan berbagai kegiatan serta hadiah yang tidak kalah menariknya. AMITRA Berbagi Berkah merupakan program undian selama periode Juni-November 2017 untuk para konsumen AMITRA di seluruh penjuru Tanah Air yang mengajukan pembiayaan.

Setiap pengajuan 1 paket Haji/Umroh konsumen akan mendapatkan 1 kupon undian per kelipatan Rp 5.000.000. Bagi masyarakat yang mengajukan aplikasi FIFGROUP Mobile Customer, sebuah aplikasi yang disiapkan oleh FIFGROUP untuk memberikan berbagai manfaat serta kemudahan bagi para konsumennya, juga akan mendapatkan tambahan 2 kupon undian. Sedangkan via mentimun, sebuah online marketplace hasil kerja sama antara FIFGROUP dengan mitranya, akan memperoleh tambahan 2 kupon undian.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini