Image

Mantap! Berikan Kemudahan Praktikum, Oscilloscope Learning Simulator Diciptakan

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 12 Agustus 2017, 14:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 12 65 1754733 mantap-berikan-kemudahan-praktikum-oscilloscope-learning-simulator-diciptakan-6iqrqFjIhw.jpg Foto: Ist

MAKASSAR - Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat Universitas Mercu Buana Dr. Inge Hutagalung, M.Si mengaku kendala utama yang dialami oleh siswa SMK maupun mahasiswa jurusan teknik adalah keterbatasan alat osiloskop saat akan melakukan praktikum.

Selain karena jumlahnya yang sangat sedikit, kata dia, Osiloskop juga memiliki harga yang sangat mahal yakni dikisaran Rp25 juta hingga Rp30 juta. Dengan harga yang relatif mahal, alat ini ternyata sensitif dengan kerusakan.

"Alat tersebut bila pengguna salah menempatkan kabel saat mengukur tegangan, alat tersebut akan langsung rusak," kata Inge dalam keterangannya, Sabtu (12/8/2017).

 

Kata dia, berangkat dari kondisi tersebut, Dosen Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah menciptakan Oscilloscope Learning Simulator untuk mengatasi kendala-kendala yang timbul dari penggunaan Real Oscilloscope. Penemu dari Oscilloscope adalah Ir Ignatius Agung Wibowo, M.Sc, Prof. (em) Darwin Sebayang dan Nur Indah, S.ST., MT.

Ia berharap, Oscilloscope Learning Simulator dapat membantu pemecahan masalah dari penggunaan Oscilloscope yang asli.

"Alat ini sudah mulai diuji cobakan di dua sekolah di Jakarta yakni SMK 53 dan 35 Jakarta Barat," sambung Inge.

Tidak hanya di Jakarta, penggunaan alat ini juga sudah mulai disosialisasikan ke kampus Univiversitas Negeri Makassar dan Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Makassar.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini