Image

Duuh! Tewaskan 15 Orang, Gajah di India Dijatuhi Hukuman Mati

Emirald Julio, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 21:08 WIB
Inilah gajah yang terpaksa dihukum mati di India (Foto: Hindustan Times) Inilah gajah yang terpaksa dihukum mati di India (Foto: Hindustan Times)

RANCHI – Pejabat di India mengeluarkan perintah tembak mati terhadap seekor gajah yang dilaporkan telah menewaskan 15 orang. Gajah itu disebut sudah melancarkan aksi “teror” semenjak Maret 2017.

Sebagaimana dikutip dari Russia Today, Minggu (13/7/2017) awalnya gajah itu menewaskan empat orang di Negara Bagian Bihar sebelum berpindah ke Negara Bagian Jharkhand. Di lokasi kedua, gajah itu menewaskan 11 orang di mana dua korban kehilangan nyawanya pada pekan ini.

Kepala Konservasi Margasatwa Jharkhand, LR Singh, mengatakan, keputusan itu terpaksa diambil setelah hewan itu selama sepekan gagal dibius dan ditangkap. “Meskipun semua upaya telah dilakukan oleh departemen kehutanan dan tim kami selama 24-7, kami tidak memiliki pilihan selain menembak hewan tersebut,” ujarnya kepada AFP.

Tim yang dipimpin oleh seekor pemburu dan dokter hewan akhirnya berhasil melacak keberadaan gajah itu pada Jumat Agustus 2017 di daerah Distrik Sahibganj. “Dua peluru pun ditembakkan,” tutur Singh.

Gajah yang berusia 25 tahun itu diduga mulai mengamuk karena ia terpisah dengan kelompoknya. Kebanyakan korban mamalia besar itu berasal dari suku adat Paharia yang tinggal di daerah perbukitan yang berlokasi di Distrik Sahibganj.

Hindustan Times mewartakan, konflik antara gajah dan manusia di Jharkhand selama beberapa tahun terakhir telah menyebabkan 589 orang kehilangan nyawanya. Konflik ini dipicu oleh habitat gajah yang semakin menyempit akibat banyaknya pemukiman warga.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming