Image

Merdeka! Meriahkan HUT RI ke-72, Kemenkumham Gelar Lomba Lukis Massal

Silviana Dharma, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 08:46 WIB
Peserta lomba sedang melukis (Foto: Silviana Dharma/Okezone) Peserta lomba sedang melukis (Foto: Silviana Dharma/Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) menggelar lomba melukis massal di depan kantornya. Bertempat di Jalan H R Rasuna Said kav 6-7, Kuningan, Jakarta Selatan, kanvas selebar 300 meter dibentangkan.

Kegiatan lomba melukis ini dihadiri oleh 140 murid sekolah dasar atau mereka yang berusia 7-12 tahun dan 320 peserta umum yang berdomisili di Jakarta. Dengan tema yang diangkat, "Merdeka Jiwa Raga Berkarya untuk Indonesia."

Inspektur Jenderal Kemenkumham, Aidir Amin Daud berharap lewat lembaran kanvas putih ini, anak bangsa dapat menyalurkan bakatnya ke bidang yang positif. Demikian juga karya mereka dapat mencerminkan harapan bangsa dan negara.

"Kami undang di sini, selain pelukis jalanan, juga anak-anak SD hingga mahasiswa, taruna dan politeknik. Karena selama ini ada isu kekerasan menghantam mereka, kami ingin yang seperti itu disalurkan saja ke bidang seni, kan jadi indah," ujarnya kepada awak media usai membuka acara, Minggu (13/8/2017).

Amin Daud mengatakan, kegiatan untuk memeriahkan Dirgahayu RI tahun ini akan diadakan selama Bulan Semarak Kemerdekaan RI Agustus ini. Kegiatannya tidak hanya di Jakarta, melainkan diikuti serentak di 33 Kakanwil Kemkumham.

Bentuk kegiatan yang dilangsungkan, meliputi lomba lukis antarnapi seluruh Indonesia secara serentak, lomba cipta lagu nasional, desain batik, baca naskah proklamasi, lomba kebersihan dan keindahan gedung kantor, hias sepeda, gerak jalan beregu, menyanyikan lagu daerah antarwarga Binaan Pemasyarakatan (Lapas) dan lomba permainan tradisional antar warga LP.

Lomba lukis massal yang diadakan di Jakarta merupakan bagian dari rangkaian tersebut sekaligus pembuka. Acara dibuka sejak pukul 08.00, ditandai dengan pelepasan balon.

Hadiah yang ditawarkan untuk kategori lomba lukis massal ini, juara 1 Rp10 juta, juara dua Rp5 juta dan juara 3 Rp 2 juta. Selebihnya ada hadiah yang menarik telah disediakan untuk para peserta yang karyanya dinilai baik. Karya terbaik akan dibingkai dan dipamerkan di aula Kemenkumham selama sebulan penuh.

"Melukis punya banyak manfaat, dapat dijadikan alat bercerita dan berkomunikasi. Jadi harapannya mereka ini bisa makin berkarya, disiplin, jauh dari KKN," tuntasnya.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming