Image

Gempa Bengkulu 6,6 SR Dirasakan di 7 Wilayah Sekitarnya

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 11:49 WIB
Ilustrasi Okezone Ilustrasi Okezone

JAKARTA – Gempa bumi berskala 6,6 skla richter terjadi di Bengkulu. Lokasi gempa berada di kedalaman 10 km, 71 km sebelah barat daya bengkulu utara 3.75 lintas selatan dan 101.56 bujur timur. Berdasarkan data yang dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi pada Minggu (13/8/2017) sekira pukul 10.08 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, usai gempa terjadi, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB langsung berkoordinasi dengan BPBD dan mendapatkan laporan bahwa berdasarkan analisis peta gempa dirasakan, intensitas gempa dirasakan ringan hingga sedang.

Sutopo mengurai, intensitas gempa yang dirasakan antara lain; di Provinsi Bengkulu yaitu dilevel IV-V MMI atau ringan hingga sedang, yaitu di Bengkulu V MMI, Kepahiang V MMI, Bengkulu Utara V MMI, Lubuk Linggau IV MMI, Kerinci IV MMI, Bengkulu Selatan IV MMI, Liwa IV MMI. Daerah-daerah di pesisir di Bengkulu Utara merasakan guncangan gempa yang lebih keras karena berdekatan dengan pusat gempa.

Sutopo meminta masyarakat tidak terpancing oleh isu-isu yang menyesatkan dan membuat masyarakat ketakutan. Gempa yang terjadi, kata Sutopo tidak mengakibatkan kerusakan berat karena intensitas masih dibawah level VI.

“Karena Umumnya bangunan akan mengalami kerusakan parah dan menimbulkan korban jiwa apabila intensitas gempa dirasakan di atas VI-VII MMI. BPBD saat ini masih melakukan pemantauan di daerah masing-masing. Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang. Tidak terpancing pada isu-isu yang menyesatkan,” demikian keterangan tertulis Sutopo yang diterima Okezone, Minggu (13/8/2017).

 Hingga saat ini, BNPB berkoordinasi dengan BPBD setempat terus memantau dampak terjadinya gempa dan sedang melakukan peta analisis dampak gempa.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming