Image

Ternyata! Anggaran Lomba HUT Kemerdekaan di Kemenkumham Hasil Patungan Para Pejabatnya

Silviana Dharma, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 12:29 WIB
Irjen Kememkumham Aidir Amin Daud (Foto: Silvi/Okezone) Irjen Kememkumham Aidir Amin Daud (Foto: Silvi/Okezone)

JAKARTA - Indonesia memperingati hari kemerdekaan setiap 17 Agustus. Dalam rangka menyambut dirgahayu RI ke-72, tahun ini Kementerian Hukum dan HAM (Kemkumham) menyelanggarakan Bulan Semarak Kemerdekaan RI.

"Hadiah yang ditawarkan menarik. Sponsornya selain dari rekanan, para direktur jenderal di Kemkumham urunan Rp2-3 juta untuk menyediakan hadiah lombanya," ungkap Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Aidir Amin Daud di Jakarta Selatan, Minggu (13/8/2017).

Adapun kegiatan yang dilangsungkan berupa lomba-lomba. Di antaranya, lomba lukis antarnapi seluruh Indonesia secara serentak, lomba cipta lagu nasional, desain batik, baca naskah proklamasi, lomba kebersihan dan keindahan gedung kantor, hias sepeda, gerak jalan beregu, menyanyikan lagu daerah antarwarga Binaan Pemasyarakatan (Lapas) dan lomba permainan tradisional antar warga LP.

"Lomba pidato baca naskah proklamasi kami maksudkan untuk mengenang pendiri bangsa, bagaimana bapak proklamator kita, Soekarno dan Mohammad Hatta pernah melakukannya," terang dia.

Terkait lomba gerak jalan beregu, Aidir harapkan dapat menjadi jalan mengolah jiwa dan raga anak bangsa agar lebih sehat jasmani dan rohani. Sementara untuk lomba kebersihan dan keindahan gedung kantor dilakukan serentak oleh 700 unit pelaksana.

Seluruh rangkaian acara tersebut di atas dibuka dengan lomba melukis massal di trotoar depan Kemkumham, H R Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada Minggu (13/8/2017). Lomba melukis ini dibagi dalam dua kategori, yakni untuk anak-anak SD atau yang berusia 7-12 tahun dan peserta umum di atas 12 tahun.

Hadiah yang ditawarkan untuk kategori lomba lukis massal ini, antara lain, juara 1 Rp10 juta, juara dua Rp5 juta dan juara 3 Rp 2 juta. Selebihnya ada hadiah yang menarik telah disediakan untuk para peserta yang karyanya dinilai baik. Karya terbaik akan dibingkai dan dipamerkan di aula Kemenkumham selama sebulan penuh.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming