Image

Saksi Kunci Kasus E-KTP Tewas, KPK Berkoordinasi dengan Polisi Amerika

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 15:28 WIB
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Okezone) Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto: Okezone)

JAKARTA - ‎Kabar tewasnya saksi kunci yang juga Direktur Utama Biomorf Lone LLC, Johannes Marliem masih menyimpan segudang misteri. Belum diketahui dengan jelas apa dan kebenaran terkait meninggalnya Johannes.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Saut Situmorang pun turut mengikuti kabar tewasnya saksi kunci kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP ini. Kata Saut, pihaknya masih mencoba berkoordinasi dengan kepolisian Amerika untuk memastikan kabar ini.

Hanya saja, pihaknya butuh waktu untuk berkoordinasi dengan penegak hukum di Amerika untuk memperoleh kabar jelas meninggalnya Johannes Marliem.

"Sejauh ini masih berproses, masih perlu waktu (untuk memperoleh informasi meninggalnya Johannes Marliem). Karena memang ada mekanisme yang perlu waktu," kata Saut kepada Okezone, Minggu (13/8/2017).

Menurut Saut, pihaknya telah berulang kali berusaha untuk mendapatkan informasi tersebut. Tapi, belum ada pernyataan resmi dari aparat penegak hukum Amerika terkait meninggalnya Johannes Marliem yang diterima KPK.

"Tapi kita coba terus kontak dengan mereka (Polisi Amerika)‎," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, terdapat kabar menghebohkan terkait meninggalnya saksi kunci kasus dugaan korupsi proyek e-KTP, Johannes Marliem. Beberapa sumber menyebutkan Johannes meninggal karena bunuh diri.

Di sisi lain, Johannes juga disebut-sebut meninggal dengan luka tembakan di beberapa bagian tubuhnya. Namun demikian, belum ada informasi yang jelas terkait tewasnya serta penyebab meninggalnya Johannes Marliem.

Dalam kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP ini, Johannes yang tinggal di Amerika pernah bersaksi di Pengadilan Tipikor lewat teleconference‎. Johannes diduga memiliki rekaman suara pembicaraan seorang anggota DPR terkait kasus yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming