Image

Kasus First Travel Menguak, DPR Usulkan Kemenag Panggil Semua Biro Perjalanan Haji & Umroh

Silviana Dharma, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 22:02 WIB
Ilustrasi kantor First Travel (Foto: Okezone) Ilustrasi kantor First Travel (Foto: Okezone)
 

JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI Khatibul Umam Wiranu mengusulkan agar Kementerian Agama memanggil semua Biro perjalanan haji dan umroh se-Indonesia. Ia percaya dengan bertemu muka, pemerintah dan penyedia jasa bisa saling terbuka.

"Paling rasional dan realistis, panggil saja seluruh biro travel haji dan umroh. Buka ke publik, mana biro travel yang sudah dapat izin, mana yang belum. Semua dilihat lagi," urainya kepada Okezone, Minggu (13/8/2017).

Politisi Demokrat itu juga berharap publik bisa tahu mana biro travel yang terpercaya. Mana yang bagus dan mana yang perlu diwaspadai.

Pasalnya, hingga saat ini, baik DPR dan Kemenag pun, Khatibul yakin, tidak ada yang tahu jumlah pasti penyedia jasa umroh dan haji di Tanah Air. Maka dari itu, penyelidikan menyeluruh ke semua biro perjalanan menjadi penting untuk segera dilakukan.

"Kuncinya sekarang adalah transparansi untuk mencegah muncul First Travel baru. Termasuk, Kemenag harus kerjasama dengan OJK untuk mengaudit keuangan biro perjalanan tersebut," sarannya.

Menurut Khatibul, langkah pencegahan tersebut tidaklah sulit dijalankan. Semua terserah kepada Kemenag dan OJK sebagi penyelenggara juga pengawas, mau atau tidak melakukannya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming