Image

Digoyang Gempa 6,6 SR, Warga Bengkulu Berhamburan Keluar Rumah

Demon Fajri, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 11:03 WIB
Ilustrasi Okezone Ilustrasi Okezone

BENGKULU - Gempa tektonik berkekuatan 6,6 skala richter (SR) mengguncang Provinsi Bengkulu. Gempa itu berlokasi di 3.75 Lintang Selatan, 101.56 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 kilometer (KM).

Gempa yang terjadi pada Minggu (13/8/2017), sekira pukul 10.08 WIB tersebut, berada di 71 km Barat Daya Kabupaten Bengkulu Utara. Getaran gempa yang terasa cukup kencang itu, membuat warga Kota Bengkulu, berlarian keluar rumah. Bahkan, gempa tersebut membuat rasa panik warga dan berteriak histeris.

''Allahhu Akbar,'' ucap warga, saat terjadi gempa, Minggu (13/8/2017).

Gempa yang dirasakan disejumlah kabupaten/kota Bengkulu. Seperti, Kabupaten Mukomuko, Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Seluma dan Kota Bengkulu. Berada di 90 km Barat Daya Kota Bengkulu, 107 km Barat Daya Bengkulu Tengah, 107 km Barat Daya Seluma, 115 km Barat Daya Tulang Bawang Barat, Lampung dan 581 km Barat Laut Jakarta.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Litman mengatakan, gempa disebabkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia kebawah Lempeng Eurasia. Gempa itu juga disebabkan sistem subduksi lempeng di Bengkulu cukup aktif. Sehingga, sering dilanda gempa tektonik.

''Gempa tidak berpotensi gelombang tsunami,'' tegas Litman.

Sejak gempa terjadi, terang Litman, belum ada aktivitas gempa bumi susulan. Meskipun demikian, pihaknya mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap terjadinya gempa, yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

''Kita mengimbau warga tetap waspada, terhadap gempa yang sewaktu-waktu bisa terjadi,'' pungkas Litman.

Hingga berita ini dionlinekan, belum ada laporan kerusakan bangunan baik sarana perkantoran, sarana pendidikan, kesehatan maupun pemukimanan penduduk.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming