Image

Urai Kemacetan Lalin, Sore Hingga Malam Pemkot Depok Terapkan Jalan Satu Arah

Apriyadi Hidayat, Jurnalis · Minggu, 13 Agustus 2017 - 21:33 WIB
Ilustrasi jalan Margonda Depok (Foto: Okezone) Ilustrasi jalan Margonda Depok (Foto: Okezone)

DEPOK - Dua minggu sudah, beberapa ruas jalan di Kota Depok diberlakukan sistem satu arah (SSA), sebagai solusi cegah kemacetan parah yang sering terjadi di kota satelit DKI Jakarta ini.

Penerapan SSA sendiri, terus dilakukan penyempurnaan mengingat beberapa wilayah di Depok banyak jalan penyangga untuk menuju Jakarta ataupun yang hendak masuk ke wilayah Margonda. Banyak evaluasi dilakukan dari hasil uji coba rekayasa lalu lintas tersebut, khususnya kepadatan di sejumlah titik simpul kemacetan, seperti di Lampu Merah Ramanda atau yang menghubungkan Margonda dan Jalan Arif Rahman Hakim (ARH).

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Depok melakukan penyempurnaan SSA pada titik itu. Dengan kata lain, ada penambahan ruas jalan yang dilakukan satu arah. "Memperhatikan Saran dan masukan dari berbagai pihak, pelaksanaan uji coba SSA telah berjalan selama dua minggu dan perlu terus dilakukan penyempurnaan," ujar Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Depok, Akhmat Zaini, Minggu (13/8/2017).

Zaini mengklaim, pelaksanaan SSA tahap pertama pada pagi hari secara umum telah dapat memfasilitasi pergerakan masyarakat pengguna kendaraan.

"Sore hari masih dirasakan perlu untuk melakukan berbagai perbaikan dan penyempurnaan dalam rangka memfasilitasi warga yang pulang kerja khususnya di pertigaan Ramanda dari arah utara (Jakarta) dan U Turn Dahlia. Memperhatikan hal tersebut maka kami lakukan penyempurnaan dengan melakukan SSA di ARH pada sore hingga malam hari mulai jam 15.00 sampai dengan jam 22:00 WIB. Rencananya akan dimulai besok (Senin 14 Agustus 2017)," jelasnya.

Jadi dengan diberlakukan SSA tambahan tersebut, kendaraan dari arah Tanah Baru tidak bisa langsung belok ke ARH untuk menuju Margonda. Pengendara dibuang ke arah Jalan Nusantara, Dewi Sartika lalu Margonda.

Sebelumnya, Uji coba SSA sendiri telah diberlakukan sejak Sabtu, 29 Juli 2017 lalu. Jalur yang diterapkan SSA tahap satu antara lain Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantra. Jadi, kendaraan dari arah Citayam dan Margonda tidak bisa lagi langsung belok menuju Dewi Sartika dan dialihkan ke flyover Arif Rahman Hakim - Nusantara - Dewi Sartika.

Sementara kendaraan dari arah Sawangan tidak bisa langsung belok ke arah Nusantara tapi harus melalui Dewi Sartika - Margonda - Flyover Arif Rahman Hakim - Nusantara.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming