Image

Wah! Hari Ini, Pakistan Rayakan Kemerdekaan ke-70 Tahun

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Senin, 14 Agustus 2017 - 06:25 WIB
Bendera Pakistan. (Foto: Khaleej Times) Bendera Pakistan. (Foto: Khaleej Times)

SUDAH genap 70 tahun berlalu sejak Pakistan dan India terpisah dan terbebas dari kependudukan Kerajaan Inggris. Terpisahnya kedua negara tersebut pada masa lalu telah memicu konflik mengerikan. Kebebasan dua negara dari Britania Raya dan perpisahan tersebut telah memicu proses migrasi manusia terbesar sepanjang sejarah.

Saat itu, sekira 12 juta orang terpaksa meninggalkan rumah mereka demi menyelamatkan diri dari konflik. Kaum Muslim, Hindu dan Sikh diketahui menjadi target pembantaian dalam sebuah pergolakan politik. Kedua negara bisa dikatakan lahir dengan cara menyakitkan.

Guna menghentikan konflik yang memakan korban lebih dari 1 juta jiwa tersebut, Inggris kemudian membangun perbatasan yang akhirnya benar-benar memisahkan kedua negara. Kini, India dan Pakistan sama-sama merayakan hari kemerdekaan ke-70 pada pekan ini.

Pakistan diketahui merdeka pada 14 Agustus 1947 dan India merdeka sehari setelahnya atau pada 15 Agustus 1947. Seorang saksi mata mengungkapkan bagaimana mengerikannya situasi konflik menjelang hari kemerdekaan tersebut.

"Semua orang dulu merasa takut. Kami takut seseorang bisa datang dan membunuh kami. Dulu kami sangat waspada bahkan kami akan tidur secara bersama-sama dalam satu keluarga," ujar Niranjan Singh yang kala itu berusia 5 tahun sebagaimana dikutip dari Euro News, Senin (14/8/2017).

Sayangnya, hingga kini hubungan kedua negara masih kerap tegang. Meski 7 dekade telah berlalu baik India dan Pakistan kerap terlibat konflik terutama terkait masalah perbatasan.

(rav)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming