Image

Meriah! Pakistan dan India Rayakan HUT ke-70 Kemerdekaan dari Inggris

Senin 14 Agustus 2017, 18:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 14 18 1755833 meriah-pakistan-dan-india-rayakan-hut-ke-70-kemerdekaan-dari-inggris-9udrKcwsHP.jpg Pelajar putri di India berlatih tarian tradisional sebagai persiapan peringatan kemerdekaan ke-70 India. (Foto: EPA)

INDIA – Bendera nasional India marak menghiasi berbagai sudut jalan, termasuk di lampu-lampu lalu lintas. Gedung Parlemen India juga dihias lampu. Bahkan jebakan monyet dipasang di sekitar Monumen Delhi saat India bersiap memperingati 70 tahun kemerdekaannya.

Sementara itu, selama akhir pekan pasukan Angkatan Udara negara tetangga berlatih di Ibu Kota, Islamabad, untuk menampilkan pertunjukan udara terbesar dalam sejarah Pakistan hari ini. Sehari lebih awal dari India, Pakistan memperingati hari kemerdekaan pada 14 Agustus.

Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, akan memimpin langsung perayaan HUT India yang digelar pada Selasa 15 Agustus. Ia akan memberikan pidato langsung dari Benteng Merah Delhi. Di sini, pada 70 tahun lalu PM pertama India yaitu Jawaharlal Nehru menyaksikan proses penurunan bendera Union Jack tepat tengah malam pada 15 Agustus1947. Union Jack adalah bendera kebangsaan Inggris, yang kala itu menguasai India sebagai koloninya.

Seperti pendahulunya, Modi akan mengawasi pengibaran bendera India yang dikenal sebagai triwarna. Setelah upacara, akan ada parade militer di kota tua Delhi.

Hal yang unik, Modi sedang mencari saran untuk topik pidatonya melalui aplikasi resmi. Ia berencana menyampaikan pidato tentang hubungan kemerdekaan India dengan pergerakan yang dirintis Mahatma Gandhi, Quit India, pada 1942. Kala itu, Quit India bertujuan mengusir Inggris dari tanah India. Dan hal tersebut terwujud lima tahun kemudian.

Hari Kemerdekaan tahun ini, kata Modi, harus menjadi “hari penyelesaian” yang sama. Sekaligus, memantik transformasi India dalam 5 tahun masa kerjanya.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini