Wah! Diselamatkan dari Suriah, Singa Ini Melahirkan Bayi di Yordania

Emirald Julio, Okezone · Selasa 15 Agustus 2017 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 14 18 1755938 wah-diselamatkan-dari-suriah-singa-ini-melahirkan-bayi-di-yordania-VyrzM0yXG3.jpg Inilah singa betina itu dengan anaknya (Foto: Associated Press)

ALEPPO – Seekor singa pada akhir pekan lalu berhasil melahirkan bayinya di Yordania hanya berselang beberapa jam setelah ia diselamatkan dari kebun binatang di Kota Aleppo, Suriah, yang hancur akibat perang.

Sebagaimana dikutip dari Japan Times, Selasa (15/8/2017), singa yang baru melahirkan itu bernama Dana dan ia bersama dengan 12 hewan lainnya sempat berada dalam kondisi nahas karena tinggal di kebun binatang Aleppo. Hewan-hewan itu akhinya diselamatkan dan dibawa ke Yordania oleh badan amal hewan internasional, Four Paws.

Namun perjalanan itu bukanlah hal yang mudah mengingat mereka membutuhkan waktu tiga pekan untuk sampai ke lokasi tujuannya. Awalnya, hewan-hewan itu dibawa ke Suriah menuju Turki dan baru sampai ke suaka al-Ma’wa di Yordania bagian utara pada Jumat 11 Agustus 2017.

Dokter hewan yang ikut dalam proses pemindahan hewan-hewan itu, Amir Khalil, juga bertanggung jawab mengawasi kesehatan Dana. Ia mengatakan, merasa khawatir Dana akan melahirkan ketika di kandang saat proses pemindahan karena hal itu dapat menyebabkan anak singanya tidak dapat bertahan hidup.

Namun, takdir berkata lain sebab Dana justru melahirkan pada Sabtu 12 Agustus 2107 dini hari waktu setempat tanpa ada yang mengawasi. Staf suaka menemukan bayi tersebut ketika tengah memeriksa keadaan Dana pada Sabtu pagi.

Mereka pun memberi nama bayi singa itu Hajar yang serupa dengan arti imigran dalam bahasa Arab. Singa itu lahir dengan bobot perkiraan 1,5 hingga 2 kilogram dengan jenis kelamin yang masih belum diketahui sebab singa kecil itu terus bercengkerama dengan induknya.

Khalil mengklaim, ia percaya Dana menunggu agar mendapatkan lokasi yang aman untuk melahirkan karena itulah Hajar lahir beberapa jam setelah tiba di Yordania. “Ia (Dana) adalah seorang ibu, ia memiliki insting,” ujarnya.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini