nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hebat! Tata Kawasan Banten Lama, Wagub Andika Hazrumy Gunakan Detail Engineering Design

ant, Jurnalis · Senin 14 Agustus 2017 23:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 14 340 1755961 hebat-tata-kawasan-banten-lama-wagub-andika-hazrumy-gunakan-detail-engineering-design-5xBnOyOIYs.jpg Cawagub Banten Andika Hazrumy. Foto dok Okezone

SERANG - Proses penataan kawasan wisata religi dan cagar budaya Banten Lama di Kecamatan Kasemen Kota Serang yang dilakukan Pemprov Banten akan menggunakan Detail Engineering Design (DED) yang telah dibuat oleh Pemerintah Kota Serang.

"Sekarang saya dengan tim lagi menginventarisir agar DED yang sudah ada digunakan, pakai yang ada aja tinggal menyesuaikan eksisting dengan yang ada di Banten Lama," kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy di Serang, Senin (14/8/2017).

Ia mengatakan, pada proses penataan yang akan dilakukan, tim bersepakat untuk mengacu pada DED yang telah ada. Namun, apa yang tidak ada dalam DED tersebut dirancang oleh tim dengan menyesuaikan kondisi Banten Lama. Untuk sinkronisasi proses penataan dengan perencanaan yang sudah ada, kata Andika, Pemprov Banten sudah mengumpulkan kembali masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat dalam proses penataan kawasan wisata unggulan di Kota Serang tersebut.

"Kita rapat kordinasi terus dengan OPD dan pihak terkait, untuk menyesuaikannya," kata Andika.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar proses pembangunan yang akan dilakukan nanti lebih terukur dan sesuai dengan master plan yang sudah ada.

"Kan wujud tiga dimensinya sudah ada di Kota Serang. Mungkin yang belum seperti pembangunan infrastruktur pendukung, pembangun jalan, pengalihan PKL," kata Andika.

Ia mengatakan, terkait DED yang sudah dibuat oleh Pemkot Serang, sudah mencakup objek-objek inti kawasan Banten Lama. Bahkan objek yang ada di wilayah Kabupaten Serang seperti danau Tasikardi juga sudah ada dalam DED tersebut.

"Semuanya, pelabuhan Karangantu dan Tasikardi ada disitu, karena kita teken MOU nya juga bersama Pemerintah Kabupaten Serang juga," katanya.

Menurutnya, proses penataan akan mulai dilakukan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Provinsi Banten Tahun 2017.

Ia mengaku sudah meminta kepada OPD terkait untuk mengalolkasikan anggaran pentaan kawasan pemakaman keluarga Kesultanan Maulana Hasanuddin tersebut.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini