nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ya Ampun! Gara-gara Fidget Spinner, Bocah Malaysia Menderita Selama Lima Jam

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 14:11 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 15 18 1756304 ya-ampun-gara-gara-fidget-spinner-bocah-malaysia-menderita-selama-lima-jam-sxW2DO7n64.jpg Foto: The Star

KOTA KINABALU – Seorang bocah berusia lima tahun di Kota Belud, Sabah, Malaysia terpaksa menahan rasa sakit selama lima jam setelah jari tengahnya terjepit di sebuah fidget spinner. Personel medis di Rumah Sakit Kota Belud terpaksa memanggil petugas pemadam kebakaran untuk memotong mainan tersebut dari jari Mohd Alfath Izwan Mohd Rusdi yang bengkak.

BACA JUGA: Gara-Gara Main Fidget Spinner, Seorang Bocah Alami Luka Serius

BACA JUGA: Seorang Bocah Dilarikan ke RS Akibat Telan Komponen Fidget Spinner

"Dia kesakitan dan jarinya membengkak. Tidak mungkin kami bisa mengeluarkannya," kata ibu dari Alfath, Maryati Datu Jamalin sebagaimana dikutip The Star, Selasa (15/92/2017).

Maryati mengatakan, putranya sedang bermain dengan mainan milik kakaknya sebelum tertidur di ruang tamu pada Minggu, 13 Agustus. Ketika Alfath terbangun, jarinya telah terjepit di dalam mainan tersebut.

"Awalnya saya melihat dia tertidur sambil memegang spinner, saya bahkan tidak memperhatikan apakah jari itu masuk ke dalam spinner. Tetapi ketika dia bangun sekira pukul 15.30, dia mulai menangis kesakitan saat jari tengahnya tertancap di mainan itu,” tambahnya.

Maryati berusaha membebaskan jari putranya dari spinner dengan berbagai cara termasuk menggunakan minyak dan sabun, tetapi tidak berhasil. Dia bahkan mencoba untuk mematahkan spinner itu, namun sia-sia.

Dia kemudian bergegas membawa anaknya ke unit darurat rumah sakit ketika jari Alfath mulai membengkak. Petugas pemadam kebakaran yang dipanggil menggunakan gergaji lubang kunci memotong spinner tersebut.

Fidget spinner yang sebenarnya ditujukan untuk para pengidap autisme dan ADHD mulai populer di kalangan umum sejak awal tahun ini. Seiring dengan semakin dikenalnya mainan itu, beberapa pihak mulai menunjukkan bahaya yang dapat ditimbulkan oleh sebuah fidget spinner.  

Bulan lalu, seorang bocah di Amerika Serikat (AS) terluka setelah terkena kepingan fidget spinner yang meledak setelah dipasangi kompresor. Pada Juni seorang bocah lain di Australia dilarikan ke rumah sakit setelah menelan komponen mainan itu.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini