nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

12 Tahun Perdamaian Aceh, Banyak Pekerjaan Belum Tuntas

Rayful Mudassir, Jurnalis · Selasa 15 Agustus 2017 14:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 15 340 1756339 12-tahun-perdamaian-aceh-banyak-pekerjaan-belum-tuntas-b4Fi03Qbo6.jpg Ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Hari ini tepat peringatan 12 tahun perjanjian damai antara RI dan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Selain menjaga perdamaian, pemerintah Aceh dinilai masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dituntaskan seperti kemiskinan, pengangguran dan fasilitas kesehatan.

Pada peringatan tersebut, Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meminta seluruh masyarakat Aceh melestarikan perdamaian yang telah lama dirajut. Pasalnya kata damai diperoleh setelah pusat dan kelompok GAM setelah melakukan perundingan alot, bahkan beberapa kali sempat gagal.

Peringatakan hari perdamaian Aceh itu dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Acara tersebut sekaligus penyantunan 1.277 anak yatim oleh pemerintah. Nova Irianyah menyebut 12 tahun sudah perdamaian berjalan di Aceh. Selama itu, cukup banyak pengalaman dan pembelajaran yang telah dipetik masyarakat Aceh untuk merawat perdamaian.

“Sebab tantangan untuk merawat, melestarikan dan mengisi perdamaian masih cukup berat. Masih banyak PR yang harus dituntaskan diantaranya kemiskinan yang relatif tinggi dan pengangguran,” kata Nova di Banda Aceh, Selasa (15/8/2017).

Nova Iriansyah melanjutkan, hadirnya berbagai perubahan di daerah, seperti penguatan sektor ekonomi, investasi, peningkatan mutu pendidikan, kesehatan, penguatan Syariat Islam hingga pembenahan birokrasi dan sejumlah permasalahan lain.

“Namun semua itu hanya dapat berjalan manakala kita terus melestarikan perdamaian ini,” sebutnya.

Konflik RI-GAM berlangsung selama 30 tahun lebih. Dalam periode tersebut, ribuan masyarakat sipil dan kedua kelompok berseteru menjadi korban. Namun pada akhirnya 15 Agustus 2005 sebuah perjanjian perdamaian dilakukan di Kota Helsinki, Finlandia.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini