Image

Ketika Jokowi Berpidato Pakai Bahasa Daerah di Sidang Bersama DPR/DPD RI

Bayu Septianto, Jurnalis · Rabu, 16 Agustus 2017 - 12:35 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tampil mengenakan pakaian daerah. (Foto: Antara) Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla tampil mengenakan pakaian daerah. (Foto: Antara)

JAKARTA - Bukan hanya tampil dengan mengenakan pakaian adat Bugis, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyelipkan sejumlah bahasa daerah dalam pidatonya di Sidang Bersama DPR/DPR RI, Rabu (16/8/2017).

Pantauan Okezone, ia menyelipkan bahasa daerah Papua ketika memaparkan soal sertifikasi lahan yang akan diupayakan tuntas.

"Saudara-saudaraku di Merauke, Namek-Namuk, Izakod Bekai Izakod Kai. Satu Hati Satu Tujuan," ucapnya.

Kemudian bahasa Miangas dipakai di sela pemaparan soal pembangunan manusia yang terus ditingkatkan.

"Saudara-saudaraku di Miangas, Tabea, Sansiote Sang Patepate. Salam Kebersamaan dalam Persatuan. Kita harus ingat bahwa membangun Indonesia adalah membangun manusia Indonesia.

Selanjutnya bahasa Rote dipakai dalam pemaparan seputar infrastruktur di daerah. [Baca Juga: Tifatul Pimpin Doa di Sidang MPR: Ya Allah Gemukkanlah Badan Presiden Jokowi yang Semakin Kurus]

"Saudara-saudaraku di Rote, Ita Esa, Kita adalah Satu Kesatuan Pembangunan manusia serta infrastruktur sosial berjalan beriringan dengan percepatan pembangunan infrastruktur fisik. Agar anak-anak kita bisa belajar dengan baik," ucapnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming