nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Kembangkan Soft Skill? Begini Langkah Tepatnya!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 06:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 17 65 1757683 mau-kembangkan-soft-skill-begini-langkah-tepatnya-Mqz6oeJqte.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Mengembangkan soft skill sangat dibutuhkan di era teknologi menguasai industri pasar kerja di mana robot-robot kemungkinan besar menggantikan pekerjaan manusia dengan kecerdasan buatannya atau artificial intelligence (AI).

Pasalnya, soft skill ini hanya dimiliki manusia. Misalnya seperti berkomunikasi dengan manusia, memecahkan masalah, dan kreativitas.

Mungkin mesin bisa menggantikan pekerjaan yang berhubungan dengan produk, tetapi untuk berhubungan dengan manusia, soft skill lah yang dibutuhkan dan hanya bisa dilakukan manusia.

Nah untuk mengembangkan keterampilan halus, kamu bisa melakukan sejumlah hal ini. Apa saja? Berikut paparannya seperti dinukil dari Monster, Rabu (16/8/2017).

Ikuti kursus

Beberapa perguruan tinggi memiliki pelatihan atau mata kuliah yang bisa meningkatkan soft skill kamu, salah satunya keterampilan berkomunikasi. Kamu bisa belajar ilmu komunikasi dengan mengikuti mata kuliah retorika, misalnya. Atau kamu bisa melatih diri dengan mempresentasikan tugas kuliah di hadapan rekan-rekanmu. Ini akan meningkatkan kemampuan kamu berbicara di depan umum.

Carilah mentor

Belajar sendiri mungkin bisa dilakukan, namun hasilnya tidak akan sama dengan belajar dari orang lain yang telah berhasil di bidangnya. Dengan mencari mentor dan belajar dengan dia, kamu akan menguasai teknik keterampilan halus mulai dari berkomunikasi dengan orang lain hingga pemecahan masalah.

Ikut organisasi

Organisasi adalah tempat yang tepat untuk mempelajari keterampilan halusmu. Mengapa? Pasalnya, di sanalah kamu akan belajar berkomunikasi dengan sesama anggota, kerja tim, hingga penyelesaian konflik. Hubungan sesama manusia yang dibangun melalui organisasi akan melatih kamu mengembangkan soft skill sehingga tidak canggung lagi mempraktikan di tempat kerja.

Menjadi volunteer

Menjadi relawan atau volunteer memberikan kamu kesempatan belajar membangun keterampilan halus. Cobalah mendaftarkan diri ke organisasi nirlaba yang membuka kesempatan untuk menjadi volunteer. Dengan demikian kamu bisa memiliki keterampilan halus yang lengkap seperti komunikasi, berbicara di depan umum, kerja sama tim, pengambil keputusan, hingga pemecahan masalah.

Selamat mencoba!

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini