Image

Ternyata! Ada Cerita Lucu Presiden Jokowi saat Prosesi Penurunan Bendera di Istana Merdeka

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at, 18 Agustus 2017 - 19:05 WIB
Presiden Joko Widodo (foto: Okezone) Presiden Joko Widodo (foto: Okezone)

JAKARTA - ‎Ada yang menarik dalam serangkaian prosesi perayaan upacara Kemerdekaan ke-72 RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 17 Agustus 2017. Betapa tidak, kala itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku lupa cara mengambil bendera merah putih saat berhadapan dengan pembawa baki.

Adapun sang pembawa baki tersebut adalah Ruth Cheline Eglesya Purba. Ia ditunjuk sebagai pembawa sang saka merah putih dalam upacara penurunan bendera merah putih‎ bersama Tim Merah.

"Kemarin paskibraka craaak cruuut naik dan turun lagi dan saya enggak tahu sorenya ada nurunin bendera dan menyerahkan ke saya. Dan saya enggak pakai geladi bersih karena saya cuma melihat pagi," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/8/2017).

 

‎Setelah berhadapan dengan pembawa bendera merah putih Kepala Negara berinisiatif berbisik dengan Ruth. Pasalnya, Presiden Jokowi tidak mengetahui apakah harus mengambil bendera merah putih saja atau mengambil bersama baki yang menjadi tempat bendera tersebut.

"Jadi proses (pada) sorenya itu enggak ingat. Pas pembawa bendera Ruth yang dari Sumut naik ke atas saya bisik-bisik ke Ruth tapi enggak ada yang dengar," ucap Jokowi seraya terkekeh.

Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menanyakan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang diketahui berada di sampingnya. Lalu, Wapres JK juga tak tahu bahwa Presiden Jokowi sempat berbisik-bisik dengan Ruth saat upacara kenegaraan itu tengah berlangsung.

"Pak wapres enggak tahu?" tanya Jokowi yang dijawab dengan menggelengkan kepala oleh Wapres JK.

"Nah enggak tahu, apa lagi yang jauh. Jadi inilah latihan satu bulan dan berjalan baik. Dan saya digeladi karena sudah satu tahun yang lalu lupa. Untungnya enggak ada yang tahu," ungkapnya.

Kepada Ruth, Presiden Jokowi menanyakan langsung apakah bendera merah putih yang diambil bersama-sama dengan bakinya lantaran saat itu memang upacara penurunan bendera merah putih dalam perayaan kemerdekaan ke-72 tahun Indonesia.

"Saya tanya ke Ruth ini yang diambil bendera apa bakinya. Ruth bisik-bisik ke saya dan, 'Bapak hanya benderanya saja.’ Ya sudah saya ambil. Enggak ada yang tahu," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming