Lumpuh Usai Imunisasi MR, Ternyata Ini Penyakit Bawaan yang Diderita Niken

Taufik Budi, Sindo TV · Jum'at 18 Agustus 2017 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 18 512 1758530 lumpuh-usai-imunisasi-mr-ternyata-ini-penyakit-bawaan-yang-diderita-niken-pHK14kouzK.jpg Ilustrasi

SEMARANG - Pelajar SMPN 4 Demak, Niken Angelia (13), yang mendadak lumpuh usai imunisasi Measles Rubela (MR) kondisinya terus membaik. Kelumpuhan itu dipastikan bukan akibat imunisasi melainkan penyakit bawaan berupa kelemahan pada dua tungkainya.

Konsultan Spesialis Anak RSUP dr Kariadi, dr Wistiani, mengatakan, kelumpuhan yang mendadak menimpa Niken bukan akibat vaksinasi melainkan sakit bawaan. Pihak rumah sakit juga sudah melakukan penelusuran termasuk menerjukan tim ke tempat Niken mengikuti imunisasi di Kabupaten Demak.

"Anak ini memang ada kelemahan kedua tungkai sejak kecil. Ketika dilakukan penelusuran, ternyata terbukti tidak ada hubungan kelemahan tungkai dengan imunisasi," terang Wistiani, Jumat (18/8/2017).

Sementara itu, ibunda Niken, Yuli Suryaningsih, terlihat sangat telaten menunggui putri kesayangannya itu. Yuli mengatakan, kondisi putri pertamanya mengalami kemajuan setelah tiga hari menjalani perawatan intensif di RSUP dr Kariadi Semarang.

"Alhamdulillah sudah ada perkembangan, makan juga sudah banyak. Tapi masih belum bisa duduk, masih sakit. Karena pinggulnya masih belum kuat menopang sehingga belum bisa duduk," ujar Yuli.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini