nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waduh! Universitas Malikussaleh Terbakar, Sistem Online Kampus Terganggu

Rayful Mudassir, Jurnalis · Jum'at 18 Agustus 2017 19:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 18 65 1758544 waduh-universitas-malikussaleh-terbakar-sistem-online-kampus-terganggu-zrsPNFRCx4.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Pasca kebakaran Gedung Biro Rektor Universitas Malikussaleh di Gampong (Desa) Reulet, Kecamatan Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara, sistem online di kampus itu terganggu. Meski begitu secara umum layanan akademik berjalan normal.

Kebakaran gedung biro itu menyebabkan server internet di Unimal rusak akibat terkena siraman air dari petugas pemadam kebakaran. Alhasil pemulihan sistem online seperti pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), terpaksa diisi secara manual.

"Jadi pengisian KRS jadwalnya tidak berubah, tetap 25 Agustus 2017. Namun dilakukan secara manual di fakultas masing-masing mahasiswa,” kata Kabag Humas Unimal, Masriadi Sambo kepada Okezone, Jumat (18/8/2017).

Pemulihan server online itu, kata dia, dilakukan secara bertahap hingga pulih kembali. Data digital yang ada diperkirakan dalam kondisi aman. Pasalnya proses back up dilakukan satu bulan sekali. Pihaknya juga telah mengabarkan kejadian itu ke menteri terkait peristiwa ini.

“Kondisi gedung darurat untuk layanan akademik dan kemahasiswaan dipusatkan ke ruang bagian umum. Di sana memang sempit, namun untuk darurat itu kita fungsikan dulu,” sebutnya.

Dikatakan Masriadi, hangusnya gedung pusat administrasi, berdampak pada acara pengenalan akademik mahasiswa baru (pamaba). Lantaran telah terjadi musibah, panitia akan kembali menyesuaikan jumlah hari tergantung persiapan panitia.

"Tahun ini mahasiswa baru kita itu 3.333 orang. Misalnya direncanakan Pamaba beberapa hari, karena ini sedang musibah, kemungkinan disesuaikan jumlah harinya tergantung kesiapan panitia,” ungkap Masriadi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini