Image

Keren! Melihat Pembangunan Jalan Trans-Papua Pakai Motor Trail ala Presiden Jokowi

Santo Evren Sirait, Jurnalis · Sabtu 19 Agustus 2017, 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 19 15 1759054 keren-melihat-pembangunan-jalan-trans-papua-pakai-motor-trail-ala-presiden-jokowi-72SrKYlVzR.jpg Sepeda motor trail dan gambar Jokowi (Foto: Santo/Okezone)

TANGERANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) untuk kali pertama berpartisipasi dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (2017). Booth Kementerian PUPR yang berlokasi di hall 2 itu memperlihatkan sekaligus menyosialisasikan perkembangan pembangunan jalan Trans-Papua.

Menariknya di booth tersebut turut dipajang motor trail Kawasaki KLX 150BF dan gambar Presiden Joko Widodo (Jokowi). Motor tersebut bukanlah yang dikendarai Jokowi sewaktu meninjau pembangunan jalan Trans-Papua pada Mei 2017. Tipe motornya pun berbeda, adapun yang dikendarainya adalah Kawasaki KLX 150BF SE (Special Edition).

"Motor ini hanya imitasi saja, kami kerja sama dengan Kawasaki. Tapi waktu bikin videonya pakai motor asli," ujar Lina, staf Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIX, di Tangerang, Banten.

Pengunjung GIIAS tidak hanya bisa berfoto dengan motor dan gambar Jokowi saja, tapi bisa melihat langsung suasana pembangunan jalan Trans-Papua, seperti yang dilakukan Jokowi di atas motor, melalui kacamata virtual reality.

Jokowi menggunakan motor trail untuk menyusuri jalan sepanjang 7 kilometer yang masih dalam tahap pembangunan.

Ia mengendarai motor sendiri didampingi oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono. Presiden berujar bahwa dengan mengendarai kendaraan roda dua tersebut, terasa betul kesulitan yang dialami selama proses pembangunan.

Motor yang dikhususkan untuk medan offroad ini dirilis pada September 2016. KLX 150BF SE merupakan generasi penerus dari KLX 150L yang menawarkan pengendara performa offroad di segala medan.

Sebagai pembeda dari varian biasa, Kawasaki telah menyematkan beragam akesori di tubuhnya seperti hand guard, engine guard, serta warna hitam pada bagian pelek.

Supaya makin andal di medan offroad, kini ukuran peleknya dibuat lebih besar yakni 21 inci untuk roda depan dan 18 inci belakang. Sedangkan suspensi depan inverted fork dan belakang uni-trak. Sistem pengereman menggunakan petal disc twin-piston pada roda depan dan petal disc single-piston di belakang.

(Baca juga: Yuk, Intip Spesifikasi dan Harga Motor Trail Presiden Jokowi di Papua

Motor ini memiliki panjang 2.070 milimeter (mm), lebar 825 mm, dan tinggi 1.155 mm. Jarak bodi ke tanah sekira 95 mm dengan berat 118 kilogram. Tangkinya mampu menampung bahan bakar minyak hingga 6,9 liter.

Bicara performa, KLX 150BF SE dibekali mesin 144 cc SOHC, 4 stroke berpendingin udara. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 12 ps pada 8.000 rpm dan torsi 11.3 nm pada 6.500 rpm. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui transmisi manual lima percepatan. (san)

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini