VIDEO: Waduh! Tentara India dan China Terlibat Tawuran, Ada Apa?

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Minggu 20 Agustus 2017 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 20 18 1759466 video-waduh-tentara-india-dan-china-terlibat-tawuran-ada-apa-4LKPZytZ51.jpg Tentara India dan China di salah satu pos perbatasan antara kedua negara (Foto: India Today)

MEDIA-MEDIA India menerbitkan video tawuran antara pasukan perbatasannya dengan tentara China. Pasukan dari kedua negara itu saling menendang, memukul, dan melempar batu tepat di perbatasan antara China dengan India di dekat Tibet.

Video tersebut diduga direkam bertepatan dengan Hari Kemerdekaan India pada 15 Agustus 2017. Lokasi bentrokan nampaknya terjadi di wilayah perbatasan yang menjadi sengketa kedua negara di dekat Danau Pangong, Pegunungan Himalaya.

Seperti dimuat Telegraph, Minggu (20/8/2017), media India menyebut perkelahian terjadi saat tentara China berupaya masuk ke wilayah kedaulatan Negeri Bollywood yang terletak di sepanjang pinggir Danau Pangong. Bentrokan terjadi selama dua jam sebelum kedua pihak kembali ke posisi masing-masing.

Sumber: Telegraph

Danau Pangong diketahui terletak di daerah terpencil yang berada sekira 4.000 meter (m) di atas permukaan laut. Wilayah tersebut selama puluhan tahun menjadi titik panas perseteruan antara India dengan China.

Wilayah Danau Pangong menjadi salah satu saksi bisu pertempuran antara India dan China pada 1962. Kedua negara juga saling menuduh pasukan perbatasan satu sama lain menyeberang ke wilayah kedaulatan masing-masing.

Kekerasan antara kedua tentara sangat jarang, tetapi di level politik tengah menghangat sejak akhir Juni lalu. Titik utama sengketa India-China saat itu berada di Dataran Tinggi Doklam. Wilayah tersebut berada di perbatasan India, China, dan Bhutan.

Beijing diketahui membangun jalan di wilayah yang diklaim masuk ke dalam kedaulatannya. Sementara itu, New Delhi memandang langkah China sebagai ancaman strategis. Sebab, India dan Bhutan mengklaim tanah tersebut termasuk dalam Kerajaan Bhutan yang merupakan kerajaan kecil di Himalaya.

Kedua negara sejatinya terikat pada Pakta 1890 yang diteken antara Inggris, yang saat itu menguasai India, dengan China. India sendiri sudah berkomitmen untuk menghormati perjanjian perbatasan tersebut. Beberapa pengamat menduga India sengaja melakukan aksinya untuk membela sekutunya, Bhutan, yang tidak masuk dalam perjanjian tersebut sehingga amat rentan diserobot China.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini