Dilakukan Bertahap, Papua Barat Terima Imunisasi Rubella Tahun 2018

Agregasi Antara, · Selasa 22 Agustus 2017 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 340 1760277 dilakukan-bertahap-papua-barat-terima-imunisasi-rubella-tahun-2018-vuGPugd692.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

MANOKWARI - Imunisasi rubella di wilayah Provinsi Papua Barat mulai dilaksanakan pada 2018 dan diharapkan masyarakat bersabar serta tidak khawatir.

"Imunisasi rubella ini jenis imunisasi baru di Indonesia. Program ini dilaksanakan secara bertahap," kata Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Otto Parorongan di Manokwari, Senin (21/8/2017).

Dia menyebutkan, pada tahun ini imunisasi rubella baru dilaksanakan di Jawa dan beberapa daerah lain di wilayah Indonesia Barat. Secara bertahap program tersebut akan menyebar ke daerah lain.

Menurut dia, seluruh daerah akan memperoleh program tersebut. Program ini dilaksanakan dengan mempertimbangkan ketersediaan vaksin dan tenaga kesehatan di daerah masing-masing.

"Tahun ini kita masih menjalankan program vaksinasi rutin. Pelayanan diberikan setiap hari di Puskesmas dan Rumah sakit," katanya.

Baca juga: Nah! Pemerintah Didorong Segera Sertifikasi Halal Vaksin Measles Rubella

Otto mengutarakan, imunisasi rutin yang sedang dilaksanakan di Papua Barat antara lain campak, tetanus, demam berdarah dan beberapa imunisasi lain.

Selain itu, kata Otto, Papua Barat saat ini gencar melaksanakan program eliminasi kasus penyakit kaki gajah dan malaria. "Untuk dua penyakit ini terus bekerja keras baik di wilayah kota maupun pinggiran dan pedalaman. Kita mengoptimalkan kerja puskesmas termasuk pegawai dinas," tuturnya.

Dia menambahkan, untuk menekan kasus malaria Dinas Kesehatan Papua Barat dan kabupaten saat ini melakukan gerakan Kebas (Keluarga Bebas) malaria. Program ini berupaya meningkatkan partisipasi warga dalam memberantas penyakit tersebut.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini