Momen Bersejarah! Jutaan Warga AS Saksikan Gerhana Matahari Total

Emirald Julio, Okezone · Selasa 22 Agustus 2017 01:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 18 1760314 momen-bersejarah-jutaan-warga-as-saksikan-gerhana-matahari-total-yay345jfMd.jpg Foto wilayah-wilayah yang akan dapat menyaksikan langsung fenomena gerhana matahari total (Foto: NASA)

MADRAS – Salah satu momen bersejarah yang telah dinantikan jutaan warga Amerika Serikat (AS) selama hampir empat dekade akhirnya datang juga. Momen itu adalah datangnya gerhana matahari total di mana wilayah Negara Bagian Oregon akan menjadi titik awal untuk menyaksikannya.

Sebagaimana dikutip dari UPI, Selasa (22/8/2017) gerhana matahari total ini bahkan digadang-gadangkan sebagai salah satu momen yang memicu migrasi masal terbesar di sejarah manusia. Pasalnya, para ahli di Negeri Paman Sam memperkirakan lebih dari 200 juta warga Amerika Serikat akan meninggalkan rumahnya agar dapat menyaksikan langsung fenomena alam itu.

Salah satu kota yang diperkirakan menjadi lokasi terbaik untuk menyaksikan gerhana matahari total itu, Kota Madras di Negara Bagian Oregon, telah mempersiapkan diri selama berbulan-bulan. Sebab mereka bersiap untuk menyambut lebih dari 100 ribu orang yang berasal dari berbagai wilayah yang sengaja datang untuk menyaksikan fenomena itu.

Otoritas Kota Madras juga mengadakan acara “Solarfest” yang bertempat di Jefferson County Fairgrounds untuk merayakan gerhana matahari total serta menjadikan momen itu untuk menyatukan warga setempat serta para pengunjung. Garda Nasional Oregon juga sudah dikerahkan ke Madras untuk membantu proses pengamanan.

Demi menghindari kemacetan parah, otoritas di Oregon meminta para pengunjung agar tidak segera pulang ketika gerhana matahari total berakhir dan tinggal sehari atau dua hari.

Kota-kota kecil seperti Placerville dan Weiser juga mempersiapkan diri untuk menerima banyak pengunjung karena kedua lokasi itu berada di jalur untuk menyaksikan gerhana matahari total. Pejabat di Weiser memperkirakan setidaknya 50 ribu pengunjung akan datang ke kota dengan populasi 5.000 orang itu.

“Sejujurnya kamis siap untuk segalanya. Terdapat waktu pada pekan lalu di mana mereka (warga Weiser) sedikit gugup karena beberapa laporan, melihat bagaimana semuanya berjalan bersama maka menurut saya mereka dapat menikmatinya,” ujar Wali Kota Weiser, Diana Thomas.

Festival Oregon Eclipse 2017 juga diadakan di Big Summit Prairie dan acara ini diperkirakan akan dihadiri sedikitnya 30 ribu orang. Berikut ini merupakan wilayah-wilayah yang berada dalam jalur gerhana matahari total di Amerika Serikat;

1. Oregon

2. Idaho

3. Montana

4. Wyoming

5. Nebraska

6. Iowa

7. Kansas

8. Missouri

9. Illinois

10. Kentucky

11. Tennessee

12. North Carolina

13. Georgia

14. South Carolina

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini