Keren! Donald Trump Saksikan Gerhana Matahari Tanpa Kacamata Pelindung

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 22 Agustus 2017 09:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 18 1760428 keren-donald-trump-saksikan-gerhana-matahari-tanpa-kacamata-pelindung-aMak9JJ4wa.jpg Presiden AS Donald Trump bersama Ibu Negara Melania dan putra bungsunya, Baron menyaksikan gerhana matahari total dari balkon Blue Room, Gedung Putih, Washington, AS, 21 Agustus 2017. (Foto: Reuters)

WASHINGTON – Seperti juga jutaan warga Amerika Serikat (AS) lainnya, Presiden AS Donald Trump pun turut menyaksikan fenomena gerhana matahari total yang terjadi pada 21 Agustus waktu setempat. Namun, berbeda dengan kebanyakan orang sang presiden menyaksikan kejadian langka itu tanpa mengenakan kacamata hitam pelindung mata.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan presiden AS ke-45 itu menyaksikan gerhana bersama Ibu Negara Melania Trump dan putra bungsunya, Baron dari balkon Blue Room di Gedung Putih, Washington. Meski mereka semua mengenakan kacamata hitam pelindung, Trump kemudian melepaskannya dan melihat ke arah matahari selama beberapa detik. Hal itu dilakukannya setidaknya tiga kali.

Tindakan Trump itu sempat membuat staf Gedung Putih panik dan berteriak, “Jangan melihat! (ke atas).”

Dilansir Vox, Selasa (22/8/2017), menatap gerhana matahari secara langsung tanpa mengenakan kacamata pelindung adalah tindakan yang berbahaya. Hal itu dikarenakan matahari berpotensi merusak retina Anda dan menyebabkan gangguan penglihatan. Untungnya, Trump hanya mengintip gerhana tersebut selama beberapa detik sehingga tidak ada kerusakan yang mungkin terjadi pada matanya.

Menatap matahari secara normal biasanya akan menyakitkan bagi mata sehingga kita tidak akan berlama-lama melakukan hal itu. Tetapi, saat matahari tertutup bulan, rasa sakit itu tidak akan terlalu terasa dan kita akan tergoda untuk menatap lebih lama.

Sayangnya, kita tidak tahu berapa lama gerhana akan berlangsung yang menimbulkan risiko orang akan menatap terlalu lama saat gerhana berakhir, sementara memandang matahari secara langsung dalam waktu yang terlalu lama berpotensi menyebabkan kerusakan pada mata.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini