nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astaga! Wartawan Tewas Ditembak di Meksiko, Jumlah Korban Sudah 9 Orang

ant, Jurnalis · Rabu 23 Agustus 2017 12:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 23 18 1761316 astaga-wartawan-tewas-ditembak-di-meksiko-jumlah-korban-sudah-9-orang-4YnsenH7Ki.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MEKSIKO - Pria bersenjata menembak hingga tewas seorang reporter di negara bagian Veracruz, Meksiko, pada Selasa waktu setempat.

Peristiwa itu menambah jumlah wartawan tewas di negara itu pada tahun ini menjadi setidaknya sembilan orang.

Candido Rios, seorang reporter dan dua pria lainnya, tewas setelah ditembak oleh pelaku tidak dikenal di kota Hueyapan, Veracruz selatan.

Jumlah perkara pembunuhan telah meningkat drastis di Meksiko sejak beberapa tahun lalu dan pada 2017, diperkirakan akan menjadi tahun paling berdarah dalam catatan sejarah. Hal ini juga menunjukkan kegagalan pemerintahan Presiden Enrique Pena Nieto dalam membendung kekerasan.

Rios, seorang reporter yang bekerja pada surat kabar Diario Acayucan, telah melaporkan adanya ancaman terhadap nyawanya dan telah terdaftar pada program nasional perlindungan jurnalis, kata Jorge Morales, kepala kelompok perlindungan media setempat yang dikenal dengan CEAPP.

Menurut perhitungan yang dilakukan oleh Article 19, sebuah kelompok pembelaan kebebasan ekspresi, delapan wartawan tewas di Meksiko selama 2017, sebelum kematian Rios.

Seorang juru bicara kantor jaksa agung negara bagian Veracruz mengatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki perkara pembunuhan Rios, namun menolak memberikan rincian tentang apa yang menjadi pemicu serangan tersebut.

Veracruz adalah sebuah negara bagian di Teluk Meksiko yang memiliki jalur perdagangan penting bagi kelompok narkotika. Negara bagian itu terkenal buruk dengan perkara pembunuhan sejumlah wartawan dalam beberapa tahun belakangan.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini