Image

Longsor Landa Pegunungan Alpen di Swiss, 8 Orang Hilang

Rufki Ade Vinanda, Jurnalis · Kamis 24 Agustus 2017 20:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 24 18 1762535 longsor-landa-pegunungan-alpen-di-swiss-8-orang-hilang-Gi3G5KGNyh.jpg Bencana tanah longsor hantam Swiss. (Foto: Telegraph)

VAL BONDASCA - Bencana tanah longsor dilaporkan melanda wilayah Pegunungan Alpen, Swiss Tenggara. Akibat bencana tersebut, sedikitnya 8 orang dilaporkan hilang. Selain warga lokal, warga negara Jerman dan Austria juga masuk dalam daftar korban hilang.

"Di wilayah Val Bondasca, 8 orang dilaporkan hilang di lokasi saat longsor terjadi. Hingga saat ini ke-8 korban masih belum ditemukan," ujar seorang petugas polisi setempat sebagaimana dikutip dari Telegraph, Kamis (24/8/2017).

Longsor diketahui memicu banjir lumpur dan batu yang menghantam wilayah Cengalo dekat dengan perbatasan Swiss-Italia. Akibat insiden tersebut, petugas berwenang mengevakuasi sekira 100 orang dengan menggunakan helikopter.

Selain korban hilang, polisi menegaskan bahwa tak ada korban luka akibat bencana longsor tersebut. Polisi dibantu pasukan militer hingga kini masih menyusuri wilayah pegunungan dengan helikopter untuk mencari korban yang hilang.

A broad swathe of farmland was covered in a grey, moving mass

Tanah longsor menyebabkan banjir lumpur. (Foto: The Telegraph)

"Orang yang hilang adalah warga negara Jerman, Austria dan Swiss. Wilayah darat masih cukup berbahaya untuk dilewati dan ini adalah alasan kenapa kami belum bisa menjangkau orang-orang yang diyakini berada di lokasi kejadian," imbuh seorang polisi yang tak disebutkan namanya itu.

Berdasarkan pemberitaan di televisi lokal, banjir lumpur terus mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke wilayah yang lebih rendah layaknya lahar. Aliran banjir lumpur ini telah merusak beberapa bangunan dan merobohkan satu di antaranya.

Polisi menyatakan, setidaknya terdapat 12 bangunan yang terdampak bencana termasuk sebuah peternakan kuda dan lumbung pertanian yang hancur total. Insiden ini juga telah membuat jalan raya utama Graubunden yang menghubungkan Stampa dengan Castasegna, tak bisa dilalui kendaraan.

Pihak berwenang telah meminta warga untuk tidak berada di dalam rumah selama status darurat bencana dan mengungsi ke tempat aman. Sebelumnya tanah longsor juga menghantam Swiss pada November 2014 dan menyebabkan 2 orang tewas serta melukai 4 lainnya.

(rav)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini