nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! Menlu RI Buka Parade ASEAN 50

Emirald Julio, Jurnalis · Minggu 27 Agustus 2017 10:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 27 18 1763951 mantap-menlu-ri-buka-parade-asean-50-QyrI4gUmuf.jpg Foto Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, bersama Sekretaris Jenderal ASEAN, Le Luong Minh (Foto: Emirald/Okezone)

JAKARTA – Pada hari ini, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno LP Marsudi, membuka acara parade ASEAN 50 yang menampilkan ribuan peserta di Monumen Nasional (Monas), Jakarta. Parade ini diselenggarakan untuk memperingati usia organisasi ASEAN yang sudah memasuki 50 tahun.

Sekira pukul 07.00, Menlu Retno dan Sekretaris Jenderal ASEAN, Le Luong Minh, memukul drum yang menjadi sinyal dimulainya Parade ASEAN 50. Tidak lama kemudian, iringan musik dari marching band Politeknik Imigrasi pun memimpin para peserta parade untuk mulai berjalan dari Silang Monas menuju jalan Imam Bonjol.

BACA JUGA: Rayakan HUT Emas, Parade ASEAN 50 Tampilkan Keunikan Budaya Asia Tenggara

BACA JUGA: Chelsea Islan dan Nicholas Saputra Didapuk Jadi Duta ASEAN

Parade ASEAN 50 ini memang diselenggarakan bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau yang lebih dikenal dengan istilah car free day. Tidak kira-kira, peserta parade kali ini disebut lebih dari 3.000 peserta. Para peserta berasal dari berbagai komunitas, organisasi, hingga kementerian Indonesia.

Selain itu, parade ini juga turut dihadiri oleh perwakilan negara-negara ASEAN, Mitra Wicara ASEAN serta Sekretariat ASEAN.

Berdasarkan rilis yang diterima oleh jurnalis, penyelenggaraan parade ini diharapkan dapat menjadi pameran keluarga besar ASEAN yang beragam. Namun walau berasal dari negara yang berbeda-beda tetap diharapkan dapat mencapai tujuan bersama di kawasan yaitu kemakmuran, keamanan dan stabilitas.

BACA JUGA: Duta Muda ASEAN Diharapkan Dapat Menyebarkan Toleransi kepada Generasi Milenial

BACA JUGA: Perkenalkan ASEAN kepada Masyarakat, Kemlu RI Gelar Parade ASEAN50

Parade ini juga semakin mendekatkan ASEAN dengan para warga DKI Jakarta dan mengukuhkan kota ini sebagai pusat diplomatik Asia Tenggara. Ratusan relawan yang diikutsertakan dalam parade ini juga memiliki tujuan untuk membangkitkan antusiasme generasi muda dalam keterlibatannya di organisasi yang sudah masuk usia emas tersebut.

“Masa depan ASEAN ada di tangan kita semua seluruh warga Jakarta, warga Indonesia. Melalui aksi ini, kalian akan menjadi penggerak kemajuan ASEAN dalam menciptakan kawasan yang aman, damai, dan sejahtera,” tutur Menlu Retno dalam rilis.

Parade ini juga semakin dimeriahkan dengan kehadiran aktor dan artis Indonesia yang dipandang sebagai sosok muda berprestasi, Nicholas Saputra dan Chelsea Isan. Keduanya ditunjuk sebagai sosok di ASEAN 50 yang turun mempromosikan parade pada Minggu 27 Agustus 2017 ini.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini