Mantap! Kampus Ini Dukung Gerakan Nasional 1.000 Startup

Minggu 27 Agustus 2017 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 27 65 1764049 mantap-kampus-ini-dukung-gerakan-nasional-1-000-startup-x4DjV4wj4d.jpg Foto: Dok UGM

SLEMAN - Masalah bangsa yang semakin kompleks dan luar biasa, membutuhkan penyelesaian yang luar biasa pula. Ditengah teknologi yang berkembang makin pesat, Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Lis Sujiati menegaskan pentingnya pengembangan startup digital.

"Itulah yang sedang digalakkan dalam Program Gerakan Nasional 1.000 Startup ini. Presiden Jokowi telah menegaskan bahwa startup ini pada tahun 2020 punya potensi kapital hingga Rp170 triliun. Kita harus gerak cepat," ungkap Lis dalam Press Conference Seminar Gerakan Nasional 1.000 Startup Yogyakarta di Graha Sabha Pramana UGM, baru-baru ini.

Dalam gerakan nasional 1.000 startup digital ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai penyelenggara bekerja sama dengan UGM, tidak hanya mengajak para mahasiswa. Tapi juga dari media serta tokoh dan komunitas masyarakat, untuk turut serta memberi masukan dan pengembangan apa yang Kemkominfo sebut sebagai ekonomi masa depan.

"Memang ekonomi masa depan ini, yang menjadi tulang punggungnya anak muda. Kedepan kita harus kreatif. Dan startup menjadi cara untuk menjadi demikian," kata Staf Khusus Menkominfo, Henry Subiakto.

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Informatika, Kemenkominfo RI Septriana Tangkary, menyampaikan pihaknya

mendukung dan mendorong Gerakan 1.000 Startup. Hal ini sebagai upaya mendukung program Nawacita yaitu menjadikan Indonesia sebagai kekuatan perekonomian digital di Asia (The Digital Energy of Asia) tahun 2020. Ia berharap melalui gerakan ini mampu melahirkan berbagai solusi untuk mengatasi persoalan-peraoalan bangsa.

"Kami menyambut baik dan mendorong program ini karena mampu mengajak generasi muda yang memiliki mimpi untuk bergerak, berinovasi mengembangkan startup," tuturnya.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi UGM, Dr. Supriyadi, M.Sc., Akt., mengatakan UGM mendukung gerakan nasional ini. Supriyadi menjelaskan UGM memiliki komitmen dalam pengembangan teknologi untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Salah satu yang telah dilakukan adalah pengembangan startup melalui program Innovative Academy.

Seminar ini adalah kedua kalinya acara serupa digelar di Yogyakarta. Menjadi bagian dari tur gerakan startup digital yang rencananya menyambangi 10 kota seluruh Indonesia.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini