nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Subhanallah! Jamaah Haji Tertua di Dunia Berusia 104 Tahun Berasal dari Indonesia

Rifa Nadia Nurfuadah, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 17:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 28 18 1764693 subhanallah-jamaah-haji-tertua-di-dunia-berusia-104-tahun-berasal-dari-indonesia-jCP6iPyXnm.jpg Maria Marghani Mohamed, jamaah haji berusia 104 tahun asal Indonesia diyakini menjadi jamaah haji tertua di dunia pada musim haji 2017. (Foto: Al Arabiya)

MAKKAH - Ia duduk di kursi roda. Pakaian ihram dan kerudung putih rapi ia kenakan. Wajahnya lelah, namun tetap terlihat cerah. Bagaimana tidak, setelah menempuh perjalanan sedikitnya 10 jam, Maria Marghani Mohammed, akhirnya tiba di Jeddah pada Sabtu 26 Agustus untuk menjalankan ibadah haji.

Hal yang istimewa dari Maria adalah, ia telah berusia 104 tahun. Tidak hanya tertua di antara jamaah Indonesia, Maria juga diyakini sebagai jamaah haji tertua di dunia. Demikian dinukil dari Al Arabiya, Senin (28/8/2017).

BACA JUGA: VIDEO: Wah.. Jamaah Haji Indonesia Dikejutkan dengan Hujan Es di Makkah

Kedatangan Maria disambut suka cita di Bandara Internasional King Abdulaziz. Direktur Operasional pada Kementerian Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi,

Abdulkhaliq al-Zahrani, Konsuler Indonesia di Jeddah, Mohammed Sharif Deen dan Kepala Misi Haji Indonesia, Arshad Hadia, adalah di antara pejabat yang menyambut Maria. Bahkan momen ini turut disiarkan kantor-kantor berita dan stasiun televisi Arab Saudi.

Sesaat setelah mendarat, kesehatan Maria langsung diperiksa oleh tim medis setempat. Maria mengaku bahagia bisa mengunjungi Arab Saudi. Ia memuji semua fasilitas dan pelayanan yang diberikan pengelola bandara untuk jamaah berusia lanjut seperti dirinya.

BACA JUGA: Astagfirullah! Ditipu di Tanah Suci, Jamaah Haji Nigeria Kehilangan Rp10 Juta 

Puncak musim haji sendiri jatuh pada akhir Agustus. Diperkirakan, puncak musim haji tahun ini akan diikuti 2 juta jamaah.

Setiap tahun, kuota jamaah haji untuk Indonesia selalu paling banyak dibandingkan negara lain. Bahkan, tahun ini Pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan kuota hingga 10 ribu jamaah haji. Sehingga, total jamaah calon haji Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci mencapai 221 ribu orang.

Dari 221 ribu orang tersebut, 204 ribu di antaranya adalah jamaah haji reguler, sedangkan 17 ribu jamaah menggunakan jalur haji khusus.

BACA JUGA: Jelang Puncak Haji, 1,4 Juta Muslim Sedunia Tumplek di Arab Saudi

Tahun ini, Provinsi Jawa Barat (Jabar), mengirimkan jamaah paling banyak yaitu 38.593 orang. Setelah Jabar, provinsi lain yang turut mengirim jamaah calon haji cukup banyak adalah Banten (9.420 orang), Sumatera Utara (8.292 orang), DKI Jakarta (7.891 orang), dan Sulawesi Selatan (7.248 orang).

Sementara itu, 5 provinsi dengan kuota jamaah paling sedikit adalah Nusa Tenggara Timur (665 orang), Bali (695 orang), Sulawesi Utara (709 orang), Gorontalo (974 orang) dan Maluku Utara (1.073 orang).

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini