nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Mahasiswa KKN Ini Latih Ibu-Ibu Olah Melinjo Jadi Nugget, Nih Kisah Serunya!

Selasa 29 Agustus 2017 14:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 29 65 1765351 keren-mahasiswa-kkn-ini-latih-ibu-ibu-olah-melinjo-jadi-nugget-nih-kisah-serunya-CtVmltJ7Jp.jpg Foto: Dok KRJogja

KLATEN - Puluhan ibu-ibu Dusun Pule Desa Somopuro, Kecamatan Jogonalan antusias mengikuti pelatihan membuat olahan melinjo menjadi nugget. Mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai inisiator program tersebut dengan semangat mengajarkan mereka cara membuat adonan hingga packing yang baik.

Pemilihan bahan dasar melinjo sendiri, dilatar belakangi banyaknya masyarakat yang telah lama berprofesi sebagai pengrajin emping. Sehingga dengan bahan baku yang relatif mudah didapat, diharapkan masyarakat dapat memperoleh keuntungan lebih tinggi dari pembuatan nugget.

"Adanya pelatihan ini membuat kita jadi tahu kalau melinjo bisa dibikin nugget, selain itu bisa jadi peluang usaha baru dan lebih menguntungkan”, tutur Lanjari (51), salah satu tokoh masyarakat di dusun tersebut seperti dilansir dari KRJogja, Selasa (29/8/2017).

Kedepan, Surani (47) sebagai anggota PKK Dusun juga mengungkapkan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat memperbaiki asupan gizi warga desa. Karena inovasi baru olahan melinjo akan membuat lauk pauk tidak monoton.

Disamping, juga dapat mengkreasikan makanan dengan lebih estetik lagi. Karena adonan nugget, bisa dibentuk sesuka hati dan sesuai cetakan yang dimiliki

“Jadi tidak hanya meningkatkan pendapatan, tetapi juga memberi referensi olahan yang bergizi bagi keluarga. Kan bagus, nuggetnya bisa kita buat bentuk bulat, bintang, segitiga," pungkas Surani.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini