nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! Proses Pendidikan Bukan Hanya Tugas Sekolah

Selasa 29 Agustus 2017 16:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 29 65 1765450 catat-proses-pendidikan-bukan-hanya-tugas-sekolah-vCtsYQNwT0.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

PENGASIH - Proses pendidikan bukan hanya tugas sekolah saja, karena itu satuan pendidikan perlu menjalin kerja sama dengan pihak keluarga peserta didik demi memberikan pendidikan terbaik. Apalagi permasalahan yang dihadapi anak saat ini makin kompleks.

Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemdikbud, Dr Sukiman MPd, mengatakan pihak sekolah telah melakukan berbagai upaya menyiapkan generasi penerus bangsa, baik melalui kurikulum pendidikan, atau pendampingan lainnya.

"Tapi hasilnya tetap tidak akan optimal bila mengabaikan partisipasi keluarga," tandas Sukiman dalam Sosialisasi Program Pendidikan Keluarga Tahun 2017 di IKIP PGRI Wates, seperti dilansir dari KRJogja, Selasa (29/8/2017).

Kegiatan sosialisasi yang akan berlangsung 28-31 Agustus 2017 dibuka Wabup Drs Sutedjo diikuti 796 satuan pendidikan. Selain narasumber Dr Sukiman MPd, juga Dr HM Jumarin MPd yang merupakan Rektor IKIP PGRI Wates, Drs H Wasiludin Tokoh Pendidikan dan Agama, Ari Sulistyo SPdT Penilik Paud Dinas Dikpora setempat. Materi sosialisasi meliputi kebijakan pembinaan pendidikan keluarga, pelaksanaan pertemuan wali kelas dengan orangtua, dan lainnya.

Sekolah, diharapkan Sukiman, membuka pintu bagi keterlibatan keluarga dalam pendidikan anak. Komitmen ini dapat dimulai dengan mengoptimalkan peran komite sekolah yang melibatkan orang tua siswa. Komite Sekolah sesuai aturan baru diisi 50 persen kepengurusannya orang tua dari siswa yang masih aktif, sisanya tokoh masyarakat dan kalangan akademisi. "Ke depan, diharapkan komite menjadi partner untuk memajukan sekolah," katanya.

Terkait komite sekolah, disampaikan Kadinas Dikpora Kulonprogo Drs H Sumarsana MSi, hampir semua satuan pendidikan sudah melakukan perubahan terhadap kepengurusan komite sekolah berdasar peraturan terbaru, serta diharapkan memberi energi baru pada implementasi pendidikan keluarga. Karena itu dibutuhkan strategi yang tepat sesuai dengan perkembangan zaman dan tetap mengedepankan hak anak.

Wakil Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo berterima kasih karena Kulonprogo menjadi salah satu dari 60 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang terpilih melaksanakan sosialisasi program pendidikan keluarga ini. "Peningkatkan kualitas pendidikan membutuhkan sinergitas antara sekolah, keluarga, dan masyarakat," ujarnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini