Image

Yusril Bakal Hadirkan 4 Ahli untuk Bela HTI, Siapa Saja Ya?

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu, 30 Agustus 2017 - 19:38 WIB
Kuasa Hukum HTI, Yusril Ihza Mahendra (Foto: Okezone) Kuasa Hukum HTI, Yusril Ihza Mahendra (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kuasa hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Yusril Ihza Mahendra mengatakan, pihaknya akan menghadirkan empat orang ahli dalam sidang lanjutan uji materi Perppu Nomer 2 Tahun 2017 tentang Ormas. Kendati demikian, ia masih belum mengungkap siapa empat orang ahli tersebut.

"‎Kami akan menghadirkan empat ahli dan beberapa saksi nama-namanya kami sebutkan nanti, kami enggak mau sebutkan sekarang, nanti saja kami sebutkan‎," katanya di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2017).

(Baca juga: Putar Video HTI Tahun 2013 di Sidang MK, Mendagri: Itu Sudah Minta Izin)

Yusril mempertanyakan, kegentingan yang memaksa pemerintah dalam menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 itu. Ia menilai, Perppu tentang Ormas itu diterbitkan ‎hanya untuk membubarkan HTI.

"Terlebih ‎sejak 2013 sampai hari ini HTI enggak pernah dipanggil, enggak pernah dimintai keterangan dan tidak pernah diberikan peringatan apa-apa. Tiba-tiba dibubarkan begitu saja oleh pemerintah," jelasnya.

(Baca juga: Di Sidang MK Mendagri Tayangkan Bukti Video Kegiatan 2013, HTI Protes Keras)

Sebelumnya, Yusril memprotes keras jalannya persidangan lantaran pemerintah memutarkan video kegiatan Muktamar HTI di GBK pada 2013. Menurut dia, pemutaran video tersebut tidak relevan dengan agenda persidangan yang akan mendengarkan keterangan pemerintah.

Ia menjelaskan, ‎pemutaran video HTI telah menghilangkan kesempatan sepenuhnya bagi pemerintah untuk menjelaskan apakah HTI memiliki ideologi yang bertentangan dengan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

"Jika tadi diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdebat, saya kira akan panjang sekali debat hari ini, tapi sayang sekali hakim cepat-cepat mengakhiri sidang," tukasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming