nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengungkapan Ganja 225 Kg, 5 Orang Berhasil Meloloskan Diri

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Rabu 30 Agustus 2017 18:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 30 338 1766349 pengungkapan-ganja-225-kg-5-orang-berhasil-meloloskan-diri-EvBmkqCNt5.jpg Ganja 225 Kg, Diamankan Polda Metro Jaya (Foto: Putera/Okezone)

JAKARTA - Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mengungkap kasus peredaran narkotika berupa Ganja 225 Kilogram jaringan Medan-Aceh yang masuk melalui Riau dan akan diedarkan ke Jakarta dan Bogor.

Namun, dibalik keberhasilan tersebut, polisi masih belum bisa menangkap lima orang tersangka yang terlibat dalam peredaran barang haram tersebut. Mereka adalah, Parlin, Pak Cik, Heri, Yahmu, dan Budi.

Pada kelima orang itu, aparat sudah menerbitkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk mencari orang tersebut.

"DPO ada Parlin, Pak Cik, Heri, Yahmu, dan Budi," kata Dirresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan saat jumpa pers di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (30/8/2017).

Barang haram itu sendiri, dibawa oleh SM melalui jalur darat dengan menggunakan truk tronton. Modus pelaku sendiri dengan mengklamufase bungkusan ganja dengan paket kiriman sandal jepit.

Setelah dilakukan pengembangan polisi juga mengamankan satu tersangka yakni HSB. Namun, HSB harus ditembak mati lantaran melawan petugas dengan cara merebut senjata petugas saat diamankan.

"Dalam perjalanan HSB berusaha untuk melawan merebut senjata petugas dengan seperti itu, lakukan tindakan tegas. Akhirnya dibawa ke Rumah Sakit (RS) dan dalam perjalanan meninggal dunia," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono pada kesempatan yang sama.

Dari pengungkapan ini aparat berhasil menyita sejumlah barang bukti, berupa 222 bungkus ganja dengan berat 225 KG, dua unit Handphone, truk tronton dan satu mobil Toyota Rush.

Atas perbuatannya SM disangkakan Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) subsidair Pasal 111 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat lebih subsidair Pasal 115 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini