nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wow! Puluhan Gadis Berguru kepada Biarawati Jago Kung Fu di Himalaya

Emirald Julio, Jurnalis · Kamis 31 Agustus 2017 07:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 31 18 1766594 wow-puluhan-gadis-berguru-kepada-biarawati-jago-kung-fu-di-himalaya-i6lVzO2Ivb.jpg Foto para gadis mengikuti latihan bela diri dengan biarawati (Foto: NBC News)

SRINAGAR – Terlihat puluhan gadis yang berkumpul di Himalaya tapi mereka datang bukan untuk menikmati pemandangan di sana. Pasalnya, mereka datang sengaja ke wilayah dataran tinggi India bagian utara di sana untuk belajar bela diri kepada para biarawati yang ahli kung fu.

Para gadis itu berdiri di atas matras busa sambil menendangkan kakinya ke udara selama beberapa kali. Para biarawati terus bergerak di antara barisan para gadis untuk memperhatikan kuda-kuda mereka.

Sebagaimana dikutip dari NBC News, Kamis (31/8/2017) para gadis itu bergabung dalam loka karya bela diri yang dibentuk oleh Drupka Kung Fu Nuns. Usut punya usut, semenjak para biarawati itu menguasai kung fu, mereka mendedikasikannya untuk mengajari gadis dan perempuan muda untuk membela dirinya sendiri.

BACA JUGA: Pendaki Asal Taiwan Ditemukan Setelah Hilang 47 Hari di Pegunungan Himalaya

BACA JUGA: Wilayahnya Diterobos, China Tuduh India Langgar Pakta 1890

“Bela diri merupakan hal yang penting karena kasus pemerkosaan dan kabar buruk lainnya. Mereka haru memiliki rasa percaya diri,” ujar salah satu ‘guru’ kung fu di sana, Biarawati Jigme Migyur Palmo.

Hal ini sebenarnya masuk akal mengingat kasus pemerkosaan di India yang terbilang tinggi. Bayangkan saja, pada 2015 tercatat ada 34 ribu kasus pemerkosaan dan ini hanya kasus yang diketahui serta dilaporkan terhadap pihak yang berwenang.

Loka karya bela diri itu diadakan di wilayah Ladakh, India, pada awal Agustus 2017. NBC News menyebut, organisasi nirlaba dari Amerika Serikat, Live to Love International, merupakan pihak yang mensponsori loka karya tersebut.

BACA JUGA: Kabel Kereta Gantung Tertinggi di Dunia Putus, 7 Orang Tewas

BACA JUGA: Sementara Garam Sedang Langka di Tanah Air, Unik Ada Garam Berwarna Pink di Himalaya

Pendiri Live to Love, Gyalwang Drukpa, pada 2009 mengenalkan para biarawati Buddhisme Tibet mengenai kung fu. Bela diri ini disebut dipilih untuk meningkatkan kesehatan serta bela diri para biarawati dan hal ini terbukti berhasil.

Biarawati Jigme Migyur Palmo mengklaim, sebelum belajar bela diri, ia dan rekan-rekannya bersifat pemalu. “Saya, sendiri, bisa mengatakan telah memiliki banyak rasa percaya diri dibandingkan sebelumnya,” jelas Palmo.

Para peserta yang hadir dalam loka karya tersebut, terdiri dari remaja putri usia 13 tahun hingga perempuan berusia 28 tahun. Mereka berasal dari desa-desa dekat lokasi latihan tersebut. Selain untuk bela diri, loka karya itu dilaporkan juga untuk merobohkan penghalang “kelas” antara para peserta dan biarawati.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini