Image

Astaga! Banjir di Karachi Tewaskan 13 Orang

Emirald Julio, Jurnalis · Jum'at 01 September 2017, 04:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 01 18 1767391 astaga-banjir-di-karachi-tewaskan-13-orang-ELvY48HjQl.jpg Foto keadaan kota Karachi, Pakistan, yang digenangi banjir (Foto: EPA/The Guardian)

KARACHI – Tidak hanya India yang saat ini dibayangi banjir akibat hujan deras tapi Pakistan juga mengalami hal yang sama. Pasalnya, setidaknya 13 orang dilaporkan tewas akibat hujan deras yang memicu banjir di Kota Karachi, Pakistan.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (1/9/2017) sejauh ini bencana alam telah menewaskan lebih dari 1.200 orang di India, Bangladesh dan Nepal. Dengan Kota Mumbai yang baru-baru ini dilanda hujan deras dan menyebabkan 14 orang kehilangan nyawanya akibat banjir.

BACA JUGA: Wah! Evakuasi Korban Banjir, Otoritas Nepal Kerahkan Puluhan Gajah

BACA JUGA: Ya Ampun! Banjir Terburuk di Asia Selatan Bunuh Lebih dari 1.200 Orang

Beberapa desa di negara bagian Bihar, India masih terendam banjir, mengakibatkan sejumlah orang mengungsi di tempat penampungan sementara selama beberapa hari belakangan. Sementara itu, kerusakan lahan pertanian meluas akibat banjir belum surut.

Banjir pada Selasa 29 Agustus 2017 di Mumbai menghentikan layanan kereta api dan menyebabkan pembatalan sejumlah penerbangan. Hujan lebat diperkirakan turun lebih banyak pada Rabu 30 Agustus 2017, memaksa pemerintah mengumumkan agar kegiatan belajar di sekolah dan perguruan tinggi dihentikan, namun di beberapa daerah hujan turun lebih sedikit.

Pejabat setempat mengatakan bahwa layanan kereta api dan udara kembali beroperasi seperti biasanya pada Rabu malam di kota itu, yang merupakan rumah bagi dua bursa saham terbesar India dan beberapa perusahaan besar.

BACA JUGA: Astaga! Banjir di India Renggut Nyawa 514 Orang

BACA JUGA: Duka Mendalam! Korban Tewas Akibat Banjir di Mumbai Bertambah Jadi 14 Orang

Banjir di Kota Karachi hanya berselang sehari dari banjir di Mumbai. Militer Pakistan pun dikerahkan untuk mengirimkan bantuan di kota yang saat ini masih terendam banjir dengan ribuan warganya yang terpaksa mengungsi.

Yayasan swasta yang mengelola layanan ambulans dan pusat kesehatan, Edhi Foundation, membenarkan kabar mengenai 13 orang di Karachi yang kehilangan nyawanya akibat banjir. Yayasan itu juga menambahkan, 350 hingga 400 rumah di dekat Sungai Lyari saat ini berada dalam kondisi terendam air.

Militer Pakistan mengklaim, pengerahan anggotanya itu atas permintaan Pemerintah Kota Karachi, termasuk untuk membantu menempatkan pompa air demi mengurangi dampak banjir.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini