nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Korut Uji Bom Nuklir, Menko Polhukam: Jelas Memanaskan Perdamaian Regional

Agregasi Antara, Jurnalis · Selasa 05 September 2017 09:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 05 337 1769445 korut-uji-bom-nuklir-menko-polhukam-jelas-memanaskan-perdamaian-regional-Up5kYxm8jn.jpg

JAKARTA - Korut mengaku menguji bom nuklir, yang bisa menjadi hulu ledak rudal antarbenua. Amerika Serikat langsung merespons dengan mengancam akan melakukan balasan militer "besar" jika merasa terancam.

Atas uji coba bom tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menilai apa yang dilakukan Korea Utara pada Minggu 3 September 2017 dapat mengganggu perdamaian.

"Sudah jelas, percobaan nuklir memanaskan situasi perdamaian regional," ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam di Jakarta, Senin 4 September 2017, malam.

Oleh karena itu, menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia mengecam tindakan negara yang dipimpin Kim Jong-un itu. Mantan Panglima TNI ini menuturkan bahwa kegiatan uji coba nuklir ke-6 milik Korea Utara tersebut tidak dibenarkan

 [Baca Juga: Wah! Korut Uji Bom Hidrogen, Korsel-AS Rencanakan Latihan Militer Tambahan]

"Kita dari dahulu konsisten tidak setuju ada kegiatan-kegiatan yang justru mengancam keamanan kawasan. Kita selalu memberikan satu kecaman tertentu kepada negara-negara yang tidak mematuhi perjanjian internasional," sambungnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Indonesia juga mengecam uji coba senjata nuklir yang dilakukan Korea Utara. Terlbih tindakan tersebut telah melepaskan berbagai materi radioaktif yang dapat membahayakan lingkungan dan kesehatan populasi di berbagai kawasan.

 [Baca Juga: Memanas! Respons Tes Bom Hidrogen Korut, Korsel Latihan Jet Tempur dan Rudal Balistik]

Pemerintah Indonesia juga menekankan bahwa tindakan uji coba tersebut bertentangan dengan kewajiban Korea Utara terhadap resolusi-resolusi terkait yang dikeluarkan oleh Dewan Keamanan PBB.

Indonesia sebagai negara yang telah meratifikasi Konvensi Anti-Tes Senjata Nuklir (Comprehensive Nuclear Test Ban Treaty/CTBT) berkomitmen untuk mendorong terciptanya dunia yang aman dari segala bentuk tes dan ledakan senjata nuklir. (sym)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini